• Audri Rianto

Udang Juga Butuh Puasa

Usaha budidaya udang memiliki tren yang tidak ada matinya. Pasalnya, permintaan udang di pasaran juga tidak pernah mengalami penurunan. Dalam usaha budidaya udang, manajemen pakan menjadi salah satu kunci keberhasilan. Pemberian pakan yang efisien sangat diharapkan agar udang dapat tumbuh dengan baik serta lingkungan budidaya tetap terjaga kebersihannya.


Sumber: growpal.co.id

Banyak petambak menganggap jika udang selalu memerlukan makan demi mendukung pertumbuhannya. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena udang sebenarnya juga perlu berpuasa.

Pemuasaan udang adalah salah satu teknik manajemen pemberian pakan pada usaha budidaya udang. Puasa yang dimaksud ialah menghentikan sementara atau mengurangi kadar pakan yang diberikan pada waktu tertentu.

Pada umumnya, teknik pemuasaan ini dilakukan secara berulang dengan frekuensi dua kali seminggu atau setiap dua hari sekali. Bahkan, ada petambak yang menghentikan pemberian pakan hingga ada tanda-tanda udang mengalami kenaikan nafsu makan.

Teknik pemuasaan ini tentu akan menimbulkan beberapa efek, yaitu udang akan mengalami penurunan laju metabolisme dan penurunan nafsu makan. Selain itu, akumulasi sisa pakan yang ada pada kolam juga turut mengalami penurunan, dengan kata lain kolam akan menjadi lebih bersih.

Walaupun menurunkan laju metabolismenya, hal tersebut tidak berpengaruh pada hasil akhir budidaya. Pemuasaan ini juga sangat efektif dalam meningkatkan nafsu makan udang. Peningkatan konsumsi pakan ini akan memenuhi kekurangan nutrisi dan kebutuhan metabolik setelah berpuasa sehingga hal tersebut akan merangsang pertumbuhan.

Keuntungan lainnya dari pemuasaan ini adalah meningkatkan kualitas otot dan protein plasma udang. Pemuasaan ini juga secara tidak langsung dapat membuat petambak menghemat penggunaan pakan, sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Pemuasaan juga menstimulasi pembersihan materi organik yang ada pada dasar kolam. Dengan demikian, kolam akan menjadi lebih bersih dan kualitas air akan menjadi lebih baik. Penurunan metabolisme pada udang saat berpuasa juga akan menurunkan tingkat pencemaran air oleh kotoran udang dan ekskresi amonia.

Sebelum memuasakan udang, ada baiknya Anda untuk memastikan bahwa kolam tambak memiliki cukup pakan organik berupa plankton, sehingga metode ini akan berjalan dengan maksimal serta menghindari terjadinya penghambatan pertumbuhan.


Baca Juga:

124 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon