• Audri Rianto

Nutrisi yang Dibutuhkan Udang pada Pakan

Pakan menjadi sumber energi udang untuk melangsungkan pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu pakan harus mampu menyediakan nutrisi yang tepat sehingga tidak hanya pertumbuhan yang terjaga namun juga sistem imunnya.

Pakan udang yang baik ialah yang mengandung nutrisi esensial seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan lemak. Semua nutrisi tersebut memiliki peranan masing-masing dalam menunjang kehidupan udang.


Sumber: tanipedia.co.id

Pada pakan udang, protein merupakan komponen terbesar. Biasanya pakan akan mengandung protein sebanyak 30-55% dari total nutrisi yang ada pada pakan tersebut. Hal tersebut karena dalam pertumbuhannya, udang lebih banyak menggunakan protein sebagai sumber energi dibandingkan dengan karbohidrat dikarenakan protein lebih mudah dicerna bagi udang.

Kandungan terbesar selanjutnya ialah lemak. Pada pakan udang, lemak berfungsi sebagai sumber energi, terutama dalam membantu proses penyerapan kalsium dan vitamin yang ada pada pakan yang diberikan.

Pada manusia, karbohidrat mungkin menjadi sumber energi utama. Namun itu tidak berlaku bagi udang. Pada pakan udang, karbohidrat hanya berfungsi sebagai pembentukan zat kitin atau zat yang membantu pembentukan kulit udang. Pada proses tersebut, karbohidrat yang dibutuhkan juga relatif sedikit, yaitu kurang dari 20%.

Mineral dibutuhkan oleh udang untuk banyak hal, seperti pembentukan jaringan dan rangka, proses metabolisme udang hingga pengangkut oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh udang. Bisa dibilang bahwa mineral menjadi komponen krusial yang dibutuhkan oleh udang untuk hidup.

Nutrisi selanjutnya adalah vitamin yang dibutuhkan oleh udang dalam proses pigmentasi atau pembentukan warna pada udang, mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Udang yang kebutuhan vitaminnya tercukupi tidak akan mudah terserang penyakit serta memiliki warna yang cerah dan segar.


Dari penjelasan di atas, tentu pembudidaya perlu memperhatikan komposisi pakan yang akan diberikan pada udang yang dibudidayakan. Pakan pabrikan biasanya sudah memenuhi standar di atas sehingga tepat untuk diberikan pada udang. Selain komposisinya, pembudidaya juga harus memahami waktu pemberian pakan yang tepat serta banyaknya pakan yang harus diberikan untuk menghindari pakan tersisa pada tambak.



Baca juga:

28 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon