• Audri Rianto

Menghindari Penurunan Kualitas Udang Saat Panen

Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual udang, salah satunya adalah kualitas dari udang itu sendiri. Untuk itu, demi mendapatkan harga jual yang maksimal petambak harus senantiasa menjaga kualitas dari udang yang dibudidayakan.

Cara pemanenan yang baik menjadi kunci dalam mempertahankan kualitas udang. Maka sebelum memutuskan panen petambak harus mempertimbangkan dua hal, yaitu pertimbangan teknis dan pertimbangan bisnis.


Sumber: kumparan.com

Pertimbangan teknis ialah pertimbangan untuk melakukan panen dengan cara melihat fisik udang, seperti bobot yang sudah mencapai bobot optimal untuk panen (size 30-100) serta kondisi udang yang sehat. Namun, pada kondisi tertentu seperti udang terinfeksi penyakit tertentu secara massal, maka keadaan ini diharuskan untuk panen total demi menghindari kematian.

Sedangkan untuk pertimbangan teknis ialah pertimbangan yang dibuat dengan melihat permintaan pasar dan harga jualnya. Size udang yang memiliki harga jual terbaik ialah yang dimulai dari size 100, namun seringkali petambak meningkatkan size tersebut, karena semakin besar udang tentu harga jualnya juga akan semakin tinggi.

Melihat dari dua pertimbangan tersebut, maka petambak sudah bisa memutuskan akan memanen udang yang dibudidaya atau tidak. Jika keputusan pemanenan sudah ditetapkan, maka ikuti tips pemanenan berikut agar kualitas udang tetap terjaga, seperti dilansir dari app.jala.tech.

Menghindari Udang Molting saat Panen

Molting adalah proses pergantian cangkang udang menjadi baru, mengikuti perkembangan tubuhnya. Molting merupakan bagian dari proses pertumbuhan udang. Jika udang yang sedang molting dilakukan pemanenan, maka udang akan memiliki bentuk cangkang yang lunak dan itu akan menurunkan harga jual.

Memberi Pakan Sebelum Panen

Sebelum panen dilakukan, sebaiknya tetap memberikan pakan hingga setidaknya sehari sebelum panen. Menghentikan pemberian pakan sebelum panen justru akan menurunkan kualitas udang. Udang akan berusaha untuk mencari pakan hingga dasar kolam dan akan menyebabkan pembesaran hepatopankreas. Efeknya adalah kepala udang akan berubah warna menjadi hitam sehingga penampilan udang menjadi tidak menarik.

Panen Saat Suhu Rendah

Panen saat suhu rendah sejatinya untuk mengurangi tingkat stres pada udang. Hal ini karena saat suhu tinggi, udang memiliki tingkat metabolisme yang tinggi pula. Jika dipaksa untuk melakukan pemanenan saat suhu masih tinggi tentu akan beresiko membuat udang stres sehingga udang menjadi lebih cepat mati.

Panen Secepat Mungkin

Kecepatan merupakan kunci dari efisiensi panen. Untuk menjaga kualitas udang tetap baik, maka panen harus dilakukan secepat mungkin. Idealnya, panen dilakukan dengan durasi 3 jam, hal ini juga dipengaruhi oleh metode dan alat yang digunakan.

Baca Juga:

45 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon