• Audri Rianto

4 Ikan Hias yang Sebaiknya Tidak Disatukan dengan Ikan Lain

Para pecinta aquascape tentu memiliki ketertarikan untuk menyatukan beberapa jenis ikan pada satu akuarium. Menyatukan beberapa jenis ikan ini selain hemat tempat juga menambah keindahan akuarium itu sendiri.

Namun, tidak semua ikan hias dapat disatukan dengan ikan lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut mungkin terjadi, di antaranya ialah beberapa jenis ikan mungkin akan menjadi pemangsa atau malah menjadi musuh bagi ikan yang lain.

Setidaknya ada 4 jenis ikan hias yang sebaiknya tidak dicampur dengan jenis ikan lainnya karena dianggap berbahaya bagi jenis ikan lain. Seperti dikutip dari rajapetshop.com, berikut ini jenis ikan yang dimaksud.

1. Piranha



Banyak yang berpikir bahwa ikan piranha memiliki keganasan seperti yang digambarkan pada film-film. Ikan piranha memang termasuk ke dalam golongan pemangsa, namun tidak semengerikan seperti yang ada pada film.

Terdapat 20 jenis ikan piranha, namun hanya piranha red belly dari Amazon yang tercatat pernah menyerang manusia. Kenyataannya, sangat jarang terjadi kasus piranha menyerang manusia, justru yang terjadi sebaliknya, banyak manusia yang memakan piranha.

Ikan piranha memiliki warna tubuh yang cukup unik dan indah sehingga banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias. Piranha dapat tumbuh hingga 10 inchi dan cukup agresif. Karena dikenal sebagai karnivora dan hewan pemangsa, tentu piranha tidak dapat disatukan dengan ikan jenis lain pada satu akuarium.

2. Betta Fish atau Ikan Cupang



Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dipelihara sebagai ikan hias. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, sebab ikan cupang memang dikenal dengan bentuk tubuh yang indah dengan siripnya yang lebar layaknya selendang. Selain itu warna ikan cupang juga cukup bervariasi sehingga akan terlihat indah apabila diletakkan pada akuarium.

Ikan cupang ini dikenal sebagai ikan yang suka ribut dan sering sekali dijadikan sebagai ikan aduan. Ikan cupang yang kerap beradu adalah ikan cupang jantan. Untuk itu, ikan cupang jantan tidak dapat digabungkan dengan ikan cupang jantan lainnya.


3. Oscar Fish



Oscar Fish juga termasuk ikan predator dan habitat aslinya adalah Sungai Amazon seperti piranha. Ikan ini memiliki gigi yang tajam di mulut dan juga di tenggorokannya. Dari ciri yang disebutkan sudah sangat jelas bahwa ikan ini tidak akan bisa bersikap ramah terhadap ikan jenis lainnya. Ikan ini akan cenderung memangsa ikan lainnya, maka sebaiknya dipelihara di tempat tersendiri.

4. Paradise Fish



Paradise fish termasuk ke dalam jenis gurame, namun memiliki warna-warna yang cerah sehingga cocok dijadikan sebagai ikan hias. Biasanya, warna tubuh pada ikan jantan akan terlihat lebih cerah dibandingkan yang betina.

Paradise fish juga terkenal cukup agresif terutama untuk melindungi wilayahnya. Maka dari itu, sebaiknya ikan ini juga tidak disatukan dengan ikan jenis lainnya apalagi yang memiliki ukuran yang lebih kecil darinya.



Baca Juga:

56 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon