• Audri Rianto

Cara Melatih Arwana Agar Mau Makan Pelet

Dalam proses pemeliharaan ikan arwana, pemberian pakan menjadi faktor krusial dalam menciptakan warna arwana yang lebih cerah. Semakin terang dan cerah arwana tentu akan meningkatkan harga jualnya.

Pada artikel sebelumnya telah disebutkan bahwa pakan arwana sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pakan hidup dan tak hidup. Pemelihara arwana kebanyakan cenderung memberikan pakan hidup pada arwana yang mereka punya. Pakan hidup yang diberikan berupa jangkrik, katak dan lain sebagainya.


Sumber: blacan.com

Namun, pakan hidup ini tidak memiliki kandungan nutrisi yang seimbang selayaknya pakan kemasan yang sudah ditambahkan vitamin. Karena kebiasaan memberikan pakan alami berupa hewan-hewan kecil ini, ikan arwana akhirnya jadi sulit untuk memakan pakan buatan seperti pelet.

Untuk melatih agar arwana menyukai pelet ini terbilang tidak mudah. Butuh kesabaran ekstra serta trik yang pas untuk menarik perhatian arwana hingga ia mau memakan pelet yang diberikan. Berikut ini tips melatih arwana agar mau makan pelet seperti dilansir dari blacan.com.

Masukkan Pelet pada Pakan Hidup

Untuk mengenalkan pelet pada arwana untuk pertama kalinya tidak dapat dilakukan secara langsung. Butuh pendekatan yang baik agar arwana dapat beradaptasi dengan baik. Caranya ialah dengan menyisipkan pelet ke dalam badan pakan hidup.

Contohnya, jika arwana suka udang makan masukkan pelet ke dalam tubuh udang dengan tujuan untuk mengelabuhi arwana. Selanjutnya, arwana akan mengira bahwa pakan yang diberikan benar-benar udang, namun tanpa sadar ia akan memakan pelet yang ada pada tubuh udang tadi. Lakukan cara ini secara berulang selama minimal satu minggu agar arwana mulai terbiasa dengan pelet.

Setelah satu minggu berlalu, cobalah memberi arwana pelet secara langsung. Namun, tentu saja tidak langsung memberikannya pada saat itu juga. Pertama, arwana harus dipuasakan kurang lebih 2-3 hari. Kemudian, masukkan pelet beberapa butir dan lihat reaksinya. Jika masih tidak mau makan pelet yang diberikan, angkat kembali pelet dari akuarium dan biarkan hingga dia mau makan.

Mencampurnya Dengan Ikan Lain

Cara lain yang juga dapat dicoba ialah mencampurkan ikan arwana dengan ikan lain yang makan pelet. Cara ini akan merangsang arwana untuk baradaptasi dengan kebiasaan ikan-ikan lain, sehingga mau tidak mau dia juga akan ikut makan pelet.

Baca Juga:

63 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon