• Audri Rianto

Alasan Kenapa Harga Ikan Arwana Mahal

Ikan arwana menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta ikan hias. Bentuknya yang unik serta warnanya yang bervariasi membuat para pecinta ikan hias menjadikan arwana sebagai target yang harus dimiliki.

Ikan dengan julukan “Raja Ikan Hias” ini memang memiliki tempat yang istimewa di hati pecinta ikan hias, terutama bagi mereka yang percaya pada mitos bahwa ikan arwana merupakan ikan pembawa keberuntungan. Ketertarikan banyak orang terhadap arwana ini membuat harganya melambung tinggi bahkan hingga puluhan juta rupiah. Maka tak heran jika pecinta ikan arwana ini biasanya akan datang dari kalangan menengah ke atas.


Sumber: cermati.com

Harga jual yang tinggi ini membuat sebagian orang penasaran tentang apa penyebab pastinya mengapa arwana bisa memiliki harga yang mahal. Berangkat dari rasa penasaran tersebut, berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan tingginya harga ikan arwana.

Pemeliharaan Menyita Waktu

Pemeliharaan ikan arwana terbilang tidak mudah bila dibandingkan dengan ikan air tawar lain. Pemelihara arwana harus senantiasa memeriksa kondisi air pada akuarium untuk memastikan air tetap dalam keadaan bersih. Kondisi air yang baik memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya stres pada arwana.

Selain itu, memberikan lampu pada akuarium dan senantiasa menyalakannya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Pemberian pakan juga tidak boleh sampai telat dan harus sesuai dengan porsi yang telah ditentukan secara konsisten. Karena dinilai sangat menyita waktu pada proses pemeliharaannya, hal ini akhirnya meningkatkan harga jual arwana.

Keberadaan yang Langka

Siapa sangka bahwa ikan arwana juga termasuk ke dalam salah satu hewan yang langka keberadaannya. Kelangkaan ini membuat pecinta ikan hias merasa sulit untuk menemukannya. Bahkan, stok ikan arwana di toko-toko ikan hias juga terbatas. Permintaan yang tinggi dengan stok yang rendah tentu akan meningkatkan harga jualnya.

Tanning

Tanning merupakan kegiatan pemberian sinar matahari pada ikan arwana. Tanning dapat membantu ikan arwana untuk mengeluarkan warnanya menjadi lebih merona. Berbeda jenis arwana, tentu berbeda metode tanning-nya. Proses tanning yang baik akan menghasilkan warna arwana yang indah dengan nilai jual yang tinggi.

Baca Juga:

65 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon