• Redaktur: Audri Rianto

10 Jenis Koi dengan Corak Terindah yang Baik Untuk Dipelihara


Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan untuk dipelihara. Ikan koi memiliki banyak jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu, sebagai pecinta ikan yang ingin memelihara ikan koi, maka anda wajib untuk mengetahui jenis koi yang paling baik untuk dipelihara.

Maksud dari kata terbaik itu ialah merujuk pada warna dan corak ikan koi tersebut. Semakin rumit pola dan corak pada tubuh ikan koi, maka akan dianggap semakin baik serta harganya juga semakin mahal. Berikut ini 10 ikan koi terbaik dan terindah yang pas untuk dipelihara.

1. Kohaku

Sumber: satwapedia.com

Kohaku merupakan jenis koi tertua yang ada saat ini jika dibandingkan dengan jenis koi lainnya. Kohaku memiliki warna dasar putih dengan corak berwarna merah. Sebagian besar koi kohaku memiliki warna dan corak dengan kualitas terbaik, sehingga harganya di pasaran juga tergolong tinggi. Ada beberapa jenis ikan koi kohaku yang ada di Indonesia, yaitu Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin Rin Kohaku.

2. Taisho Sanke

Sumber: satwapedia.com

Sama seperti kohaku, ikan koi jenis ini juga memiliki warna dasar putih. Perbedaan antara keduanya terletak pada pola warna merah yang dikombinasikan dengan warna hitam pada ikan koi Taisho Sanke. Agar lebih mudah diingat dan diucapkan, para pecinta ikan biasa menyebutnya dengan ikan koi sanke atau ikan sanke.

3. Showa Sanshoku

Sumber: satwapedia.com

Ikan koi jenis ini sering disebut dengan ikan showa. Dilihat secara sekilas, ikan koi showa ini hampir mirip dengan sanke, yang membedakannya adalah pola hitam pada showa menyebar ke seluruh tubuh, sedangkan pada sanke pola hitamnya hanya berada pada bagian atas tubuhnya saja. Pola hitam pada showa juga berada tepat di bagian kepalanya, sementara itu tidak ditemukan hal yang sama pada sanke.

4. Asagi

Sumber: satwapedia.com

Asagi merupakan jenis ikan koi asli jepang yang telah lama berkembang di Indonesia. Ciri dari ikan ini adalah memiliki pola biru pada bagian atas tubuh dengan kombinasi merah-oranye pada bagian perut dan siripnya. Untuk jenis terbaiknya adalah koi asagi yang memiliki pola merah tepat di atas garis lateral.

5. Shusui

Sumber: satwapedia.com

Koi Shusui adalah jenis koi keturunan dari spesies Asagi yang dapat dibedakan dengan mudah. Pada ikan koi shusui, pola biru hanya terletak pada warna sisik dorsal. Sebelum membelinya, anda wajib mencermatinya dengan teliti agar tidak salah beli.

6. Tancho

Sumber: satwapedia.com

Tancho termasuk jenis koi yang masih tergolong ke dalam spesies kohaku. Ikan ini juga termasuk yang cukup populer pada spesies tersebut. Ciri-ciri dari koi tancho ini adalah tubuhnya berwarna putih solid dengan titik merah pada bagian kepalanya. Jika dilihat secara seksama, maka ikan ini akan mengingatkan kita pada bendera negara Jepang.

7. Shiro Utsuri

Sumber: satwapedia.com

Ikan Shiro Utsuri berbeda dengan beberapa ikan koi yang sudah disebutkan. Ciri-ciri dari koi jenis ini ialah memiliki warna dasar hitam dengan corak warna putih di sekujur tubuhnya. Jenis koi terbaik pada spesies ini ialah yang memiliki corak putih hingga bagian kepalanya.

8. Ki Utsuri

Sumber: satwapedia.com

Ki Utsuri termasuk jenis ikan koi termahal yang ada saat ini, hal ini dikarena dari jumlah ikan ini yang tergolong sedikit dan cukup langka. Ciri-ciri dari ikan koi ini adalah memiliki warna dasar hitam dengan corak kuning yang menyelimuti tubuhnya.

9. Matsuba

Sumber: satwapedia.com

Matsuba adalah jenis ikan koi yang memiliki beragam warna dasar, namun secara umum koi matsuba berwarna logam dengan pola jaring hitam di sekujur tubuhnya. Dikatakan memiliki warna dasar beragam karena matsuba memiliki beberapa jenis lainnya, seperti gin matsuba memiliki warna dasar putih, ki matsuba memiliki warna dasar kuning dan aka matsuba memiliki warna dasar merah.

10. Kumonryu

Sumber: satwapedia.com

Ikan koi jenis ini diketahui memiliki kemampuan unik yang dapat bergonta-ganti warna tubuh. Jenis koi satu ini tentu tidak akan membuat anda bosan akibat dari kemampuannya tersebut. Ikan koi ini dapat mengubah pola dari putih menjadi hitam atau kombinasi antara keduanya.

Baca Juga:

#jenisikankoiindonesia

1259 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon