• Audri Rianto

Sumber Alkalinitas dan Manfaatnya Pada Tambak

Alkalinitas merupakan salah satu parameter kualitas air yang harus dipantau serutin mungkin. Pada tambak, alkalinitas berasal dari 3 sumber, yaitu sumber fisika, sumber kimia dan sumber biologis. Berikut penjelasan dari ketiga sumber tersebut.

Sumber: mediaindonesia.com


Sumber Fisika

Dari sumber fisikannya, alkalinitas berasal dari CO2 yang ada di udara. CO2 ini akan berdifusi ke dalam air yang juga dipengaruhi oleh salinitas dan suhu tambak. CO2 yang berdifusi ini nantinya akan memberikan alkalinitas pada tambak namun dalam jumlah yang relatif sedikit.

Sumber Kimia

Proses pengapuran pada awal pembuatan tambak ternyata juga memberikan alkalinitas pada tambak. Kapur yang digunakan pada proses pengapuran ialah yang berbahan baku CaCO3 (kalsium karbonat), CaMg(CO3)2 (dolomit), CaO (kalsium oksida), Ca(OH)2 (kalsium hidroksida). Semua bahan tersebut diketahui mengandung unsur karbon selayaknya CO2 di udara. Karbon-karbon inilah yang kemudian memberikan alkalinitas pada tambak.

Sumber Biologi

Alkalinitas yang dihasilkan dari aktifitas biologis ini sejatinya berasal dari proses penguraian bahan organik oleh bakteri. Penguraian bahan-bahan organik yang ada pada tambak ini juga menghasilkan CO2 yang merupakan sumber dari alkalinitas.

Lantas, apa manfaat dari alkalinitas pada tambak udang?

Alkalinitas pada tambak memberikan gas karbon yang sangat berguna dalam membantu proses fotosintesis dari fitoplankton. Proses fotosintesis yang dilakukan oleh fitoplankton ini menjadi sangat baik bagi tambak karena mampu menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan oleh udang untuk hidup dan berkembang biak.

Manfaat kedua dari alkalinitas ialah sebagai sistem buffer yang memiliki kemampuan dalam mengontrol kestabilan ph pada tambak. Kandungan CO2 pada tambak dalam jumlah yang seimbang mampu menekan peningkatan mineral pada tambak. Seperti yang kita ketahui bahwa mineral yang terlalu tinggi pada tambak dapat membuat ph air naik. Hadirnya salinitas ialah untuk mencegah kenaikan ph itu terjadi.

Memantau Kadar Alkalinitas

Untuk memantau kadar alkalinitas, petambak dapat menggunakan alat yang disebut dengan Alkalinity Test Kit. Kadar alkalinitas ideal pada tambak udang adalah 30-40 mg/L. Untuk memastikannya tetap dalam keadaan stabil, Anda dapat menggunakannya dengan alat tersebut.


Baca Juga:

94 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon