• Audri Rianto

Betta Fish Tidak Bisa Disatukan Dengan Ikan Lain? Ini Jawabannya

Betta Fish atau ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna tubuh yang indah serta harga yang tidak mahal. Namun, peminat ikan ini sendiri tidak terlalu banyak karena ikan cupang memiliki sifat yang agresif sehingga tidak bisa dicampurkan dengan ikan lain.


Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak sepenuhnya salah. Ikan cupang sendiri dikenal sebagai ikan aduan, dengan kata lain ikan ini sangat gemar bertarung dengan ikan lain.


Kegemarannya dalam bertarung ini, membuat pecinta ikan hias mengurungkan niatnya untuk meletakkan ikan ini ke dalam akuarium yang berisi ikan jenis lain. Namun, bukan berarti ikan ini tidak bisa disatukan dengan ikan lain. Dengan cara yang benar, kita dapat menyatukan ikan cupang dalam satu wadah, berikut ini penjelasannya.

Jangan Menyatukan Dua Jantan

Ikan cupang jantan biasanya yang paling gemar bertarung. Untuk itu, jangan sekali-kali mencampurkan dua jantan dalam satu wadah, karena mereka akan bertarung sampai mati kecuali jika memang Anda berniat untuk mengadu kedua ikan tersebut.

Menyatukan Ikan Betina

Ikan cupang betina dinilai memiliki tingkat keagresifan yang lebih rendah dibandingkan yang jantan. Untuk itu, mencampurkan ikan cupang betina dinilai akan lebih berhasil. Namun, Anda harus melakukannya secara bersamaan. Contoh, misal Anda ingin mencampurkan tiga atau lebih cupang betina pada satu wadah, maka masukkan ketiganya secara bersamaan.

Jika Anda melakukan secara terpisah, misal Anda memasukkan dua terlebih dahulu kemudian memasukkan satu lagi di lain hari, kemungkinan akan terjadi perilaku intimidasi dari dua ikan sebelumnya terhadap satu ikan yang baru dimasukkan.

Menyatukan Jantan dan Betina

Menyatukan Ikan cupang jantan dan betina dinilai dapat meredam keagresifan dari ikan jantan. Bahkan, keduanya bisa saja berkembangbiak. Namun, jangan lakukan kombinasi ini jika Anda tidak memiliki pengetahuan terkait pengembangbiakan ikan ini sebelumnya. Jika dipaksakan, maka persentase kegagalan akan semakin besar.



Baca Juga:

66 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon