• Audri Rianto

Manfaat Mineral Bagi Udang dan Ikan

Mineral merupakan komponen anorganik yang dibutuhkan oleh makhluk hidup termasuk udang dan ikan. Udang dan ikan menyerap beberapa mineral, tidak hanya yang berasal dari pakan tapi juga berasal dari lingkungan perairan. Mineral-mineral yang dimaksud seperti kalsium, magnesium, sodium, potassium, iron, copper, zinc, dan selenium.

Sumber: katadata.co.id


Jumlah mineral yang dibutuhkan oleh udang dan ikan sangat sedikit, namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Mineral sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu mineral mikro dan makro.

Mineral Mikro

Mineral mikro merupakan kelompok mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap organisme hidup dalam jumlah yang sedikit. Beberapa mineral yang masuk ke dalam jenis mineral mikro adalah Besi, Tembaga, Mangan, Seng, Cobalt, Molybdenum, Cromium, Selenium, Fluorine, Iodium, Nickel dan lainnya.

Mineral Makro

Mineral makro merupakan kelompok mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap organisme hidup dalam jumlah yang banyak. Beberapa mineral yang masuk ke dalam jenis mineral makro ini adalah Kalsium, Magnesium, Sodium, Potassium, Fosfor, Chlorine, dan Sulfur.

Semua mineral yang disebutkan di atas memiliki peranan tersendiri bagi kehidupan udang dan ikan. Namun secara garis beras, berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Penyusun utama struktur rangka, seperti cangkang pada udang serta tulang, gigi, dan sisik bagi ikan.

  • Membantu proses transfer elektron dan kofaktor atau pengaktif sistem metabolisme tubuh sehingga udang dan ikan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

  • Berperan penting dalam menjaga keseimbangan osmotik dan mengatur regulasi air dan larutan pada tubuh udang dan ikan.

  • Berfungsi sebagai pengangkut oksigen ke dalam darah serta berperan aktif dalam variasi sistem enzim pada tubuh.


Menjaga ketersediaan mineral pada kolam budidaya sangat penting dilakukan demi menghindari stres pada udang dan ikan. Cara lain dalam menyediakan mineral pada tambak maupun kolam budidaya adalah dengan menebarkan tepung zeolit secara merata. Zeolit diketahui dapat dijadikan sebagai sumber mineral yang dapat menambahkan kadar mineral yang ada di perairan budidaya, sehingga kadar mineral yang ada bisa kembali ke keadaan normalnya dan menjadikan lingkungan budidaya tersebut menjadi lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan udang maupun ikan.


Baca Juga:

554 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon