• Audri Rianto

Langkah Budidaya Ikan dan Udang di Masa Pandemi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo meyakinkan semua pelaku usaha budidaya perikanan untuk tetap berproduksi selama pandemi virus corona, karena bagaimanapun masyarakat butuh makan. Hal ini dilakukan karena sudah mulai banyak pembudidaya yang merasa kehilangan harapan yang disebabkan oleh harga jual yang menurun drastis.


Sumber: katadata.co.id

Seperti udang, sebelum pandemi harga udang bisa mencapai Rp70 ribu per kg dan saat ini mengalami penurunan hingga mencapai Rp60 ribu per kg. Penurunan ini disebabkan oleh pembatasan ekspor produk perikanan ke negara lain.

Demi lancarnya proses produksi perikanan di masa pandemi ini, kami memberikan beberapa tips yang dapat diaplikasikan di lapangan.

Selalu Gunakan Masker

Demi kenyamanan dan keamanan bersama, pembudidaya sebaiknya menggunakan masker selama menjalankan proses budidaya. Masker dapat melindungi pembudidaya dari segala jenis kontaminasi akibat bakteri dan virus.

Jaga Jarak Antar Sesama

Seperti yang kita ketahui pemerintah telah menerapkan physical distancing, yang mana orang-orang dianjurkan untuk menjaga jarak antar sesama minimal 1 meter. Hal ini juga sebaiknya diterapkan pada sektor perikanan, terutama pada kolam atau tambak yang diurus oleh lebih dari satu orang.

Jangan Sentuh Wajah

Hindari menyentuh wajah selama melakukan tahapan budidaya. Seperti kita ketahui bahwa telapak tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menyentuh permukaan dari segala jenis benda, sehingga sangat rentan dihinggapi oleh virus. Untuk itu, demi mencegah infeksi langsung, pembudidaya sebisa mungkin untuk dapat menahan diri dari menyentuh area wajah selama menjalankan tahapan budidaya.

Cuci Tangan dengan Sabun

Setelah selesai melakukan tahapan budidaya di kolam atau tambak, maka pembudidaya wajib untuk mencuci tangannya menggunakan sabun pada air mengalir. Sabun memiliki senyawa yang dapat memutus protein pada virus, sehingga sangat efektif untuk menghindari infeksi. Setelah mencuci tangan dengan sabun, sebisa mungkin untuk tidak menyentuh benda yang tidak diperlukan.


Baca Juga:

377 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon