top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Apa Itu Klekap? Berikut Penjelasan Serta Cara Mudah Mencegahnya

Pada budidaya udang, penurunan kualitas air menjadi suatu masalah yang paling sering terjadi. Penurunan kualitas air ini dapat ditandai dengan munculnya klekap. Munculnya klekap pada tambak merupakan tanda bahwa kandungan bahan organik tambak sedang dalam keadaan tinggi. Jika keadaan tersebut dibiarkan tentu akan mengancam keberlangsungan hidup udang yang dibudidaya.


Sumber: ewinasis.blogspot.com


Pengertian Klekap Tambak

Klekap sendiri dapat diartikan sebagai kumpulan alga yang melekat satu sama lainnya sehingga membentuk mirip anyaman yang umumnya berwarna kecoklatan. Klekap akan muncul pada permukaan air sehingga menghalangi sirkulasi oksigen.

 

Kehadiran klekap pada tambak disinyalir bermula dari tercampurnya bangkai plankton dengan kotoran udang yang kemudian terangkat ke permukaan karena adanya proses oksidasi. Lantas, apa yang akan terjadi jika klekap tidak segera dibersihkan?

 

Pada tambak udang intensif, klekap berperan dalam meningkatkan bahan organik tambak yang berdampak pada penurunan kadar oksigen. Selanjutnya, klekap yang sudah terkumpul lama di permukaan lambat laun akan turun kembali ke dasar tambak.

 

Jika klekap sudah turun ke dasar tambak, maka fase selanjutnya adalah terjadinya pembusukan klekap. Proses pembusukan ini nantinya akan menghasilkan gas amonia dan hidrogen sulfida. Kedua gas ini akan memicu tambak mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Keadaan yang seperti itu bukanlah keadaan yang kondusif untuk udang tumbuh dan berkembang. Bahkan, udang akan mengalami kematian secara masal.

 

Mencegah Munculnya Klekap pada Tambak

Untuk mencegah munculnya klekap pada tambak sebenarnya cukup mudah. Petambak hanya perlu memperhatikan sirkulasi air pada tambak. Pastikan bahwa sirkulasi air berjalan dengan normal agar sebaran oksigen pada tambak tetap optimal dan merata. Pemilihan aerator yang tepat menjadi kunci terjaganya sirkulasi air secara optimal.

 

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan dan pemberian probiotik. Pemberian pupuk dan probiotik akan memicu pertumbuhan plankton pada tambak. Jumlah plankton yang seimbang akan menekan laju pertumbuhan klekap pada tambak.

 

Lantas, apa yang harus dilakukan jika klekap terlanjur muncul pada tambak? Anda hanya perlu mengangkatnya dari permukaan air. Jika dua langkah sebelumnya sudah dilakukan dengan baik, maka klekap yang timbul pada tambak tentu masih dalam jumlah normal. Maka cara untuk mengontrolnya Anda hanya perlu mengeluarkannya dari tambak dengan bantuan seser.


Baca Juga

1.100 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page