top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Apa Itu Size Udang? Berikut Penjelasan dan Cara Menghitungnya

Usaha budidaya udang masih menjadi salah satu usaha dengan nilai jual tinggi di dunia perikanan. Seperti yang kita ketahui, permintaan udang baik di pasar global maupun pasar domestik dinilai cukup stabil.



Untuk menembus pasar yang lebih luas, pembudidaya dituntut untuk menghasilkan udang dengan kualitas yang baik. Salah satu parameter yang dilihat ialah size atau ukuran dari udang. Size udang sendiri nantinya akan menentukan harga jual udang. Biasanya, pembudidaya dari awal sudah menargetkan size udang yang akan dicapai, sehingga mereka bisa melakukan persiapan dan perencanaan dengan matang.


Pengertian Size Udang

Size udang sendiri didefinisikan sebagai sistem ukuran dari jumlah banyaknya udang per satu kilogram. Size udang yang sudah mulai bisa diperjualbelikan adalah size 100. Artinya terdapat 100 ekor udang dalam berat satu kilogram. Size udang sangat bervariasi, mulai dari 100, 90, 80 hingga 20. Semakin kecil nilai dari size udang, maka semakin besar ukuran udang tersebut. Size udang nantinya akan dijadikan patokan harga jual. Semakin kecil nilai dari size udang maka harga jual juga akan semakin tinggi.


Cara Menghitung Size Udang

Pembudidaya harus mengetahui cara menghitung size udang, dengan demikian pembudidaya bisa melakukan manajemen pakan yang tepat untuk meningkatkan size udang serta mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemanenan. Umumnya, pembudidaya akan mengukur Size udang berdasarkan day of cultur atau umur budidaya tertentu.


Misal, saat udang sudah memasuki hari ke 50 masa budidaya, maka pembudidaya dapat melihat size udang yang ia budidayakan. Caranya ialah dengan menggunakan metode sampling. Pembudidaya dapat menarik anco pada tambak, kemudian sampel udang ditimbang untuk mengetahui berat rata-rata udang per ekornya.


Setelah mengetahui berat rata-rata dari udang, maka langkah selanjutnya ialah melakukan pembagian sederhana dengan menggunakan rumus


1000 gram dibagi dengan ABW (Average Body Weight) atau berat rata-rata udang per ekor. Dari hasil pembagian tersebutlah pembudidaya dapat mengetahui size dari udang yang dibudidayakan. Jika udang dirasa sudah mencapai target size tertentu, maka tambak dapat segera dilakukan pemanenan.


Sebagai contoh, pembudidaya ingin mengetahui size udang pada tambaknya saat udang sudah memasuki usia 50 hari. Setelah dilakukan uji sampling, diketahui berat rata-rata udangnya adalah 10 gram. Maka dilakukan perhitungan, size = 1000 gram / 10 gram = 100. Dari perhitungan tersebut, diketahui bahwa size udang tersebut adalah 100 ekor/Kg.


Beberapa size udang yang beredar di pasaran saat ini adalah sebagai berikut.

1. Udang Size 20/Kg

2. Udang Size 30/Kg

3. Udang Size 40/Kg

4. Udang Size 50/Kg

5. Udang Size 60/Kg

6. Udang Size 70/Kg

7. Udang Size 80/Kg

8. Udang Size 90/Kg

9. Udang Size 100/Kg


Baca Juga

289 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page