• Audri Rianto

Stres, Faktor Utama Penyebab Kematian Udang

Berbicara mengenai kematian udang, pikiran para petambak pasti akan langsung tertuju pada infeksi penyakit. Anggapan tersebut tentu saja tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Namun, tahukah Anda jika infeksi suatu penyakit pada udang itu disebabkan oleh menurunnya imunitas akibat udang mengalami stres?


Sumber: mampienews.wordpress.com

Imunitas merupakan sistem pertahanan tubuh dari infeksi berbagai penyakit. Imunitas akan terganggu apabila udang mengalami stres, sehingga potensi untuk terinfeksi penyakit akan meningkat hingga dua kali lipat.

Dilansir dari app.jala.tech, stres pada udangn dapat berasal dari lingkungan fisik, kimia dan biologi. Berikut ini penjelasannya.

Stres yang berasal dari lingkungan fisik di antaranya suhu, salinitas, oksigen terlarut dan pH. Udang akan mengalami stres apabila beberapa parameter di atas mengalami perubahan secara mendadak, baik itu meningkat maupun menurun. Fluktuasi beberapa parameter biasanya terjadi karena faktor lingkungan.

Stres lingkungan akibat zat kimia biasanya disebabkan oleh kandungan mineral dan konsentrasi bahan organik yang ada di tambak. Beberapa senyawa kimia yang memiliki potensi menjadi racun adalah amonia, nitrat, nitrit dan hidrogen sulfida. Kehadiran dari senyawa-senyawa tersebut dikarenakan oleh proses metabolisme udang, plankton, maupun bakteri dekomposisi yang ada di tambak.

Stres akibat dari aktivitas biologi ini sering dipicu oleh ketidakseimbangan populasi fitoplankton. Keadaan itu mungkin terjadi karena kualitas air yang tidak terjaga akibat kelebihan nutrien, seperti nitrogen dan fospor. Kondisi seperti ini akan memicu ledakan populasi fitoplankton jenis blue-green algae (BGA) yang berbahaya, karena dapat memproduksi racun.

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencegah stres pada udang ialah dengan melakukan pengelolaan kualitas air tambak serta menggunakan benih udang yang berkualitas. Selain itu, pemberian suplemen tambahan juga disarankan demi meningkatkan daya tahan tubuh udang sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit.

Salah satu yang dapat digunakan petambak untuk meningkatkan daya tahan tubuh udang yang dibudidayakan ialah Ascorbic Acid. Kandungan vitamin C pada Ascorbic Acid sangat baik dalam mengurangi stres pada udang. Petambak hanya cukup mencampurkan Ascorbic Acid pada pakan, kemudian menebarkannya seperti biasa.



Baca Juga:

147 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon