• Audri Rianto

Ciri Udang yang Terserang Penyakit

Dalam budidaya udang tentu memiliki kendala tersendiri. Kendala yang paling sering dan umum terjadi adalah serangan penyakit pada udang. Kendala ini jika tidak dikendalikan dengan baik makan dapat memicu kegagalan. Udang akan mengalami kematian, tidak hanya satu dua udang saja namun dapat mematikan seluruh populasi udang dalam satu petak tambak.


Sumber: agribiznetwork.com

Dalam hal ini, petambak dituntut untuk jeli dalam mengamati udang yang dibudidayakannya. Umumnya, udang yang sedang sakit akan menunjukkan ciri yang tidak biasa. Berikut ciri-ciri udang terserang penyakit yang harus diketahui agar dapat melakukan pengendalian sejak dini.

Perut Kosong

Udang yang terserang penyakit umumnya akan menurunkan nafsu makannya. Bahkan, beberapa penyakit pada udang dapat membuatnya sama sekali tidak mau makan. Akibat dari menurunnya tingkat konsumsi pangan ini kemudian membuat perut udang terlihat kosong. Nah, perut kosong ini bisa menjadi tanda awal bahwa udang terserang penyakit.

Ekor Udang Tidak Mekar

Ciri selanjutnya adalah udang akan menjadi lemas dan tidak aktif bergerak. Bahkan, saking lemahnya ia sampai tidak bisa menggerakkan ekornya. Jadi penting bagi petambak untuk melihat pergerakan dan bentuk ekor udang untuk mengetahui apakah udang dalam keadaan sehat atau tidak.

Warna Tubuh dan Jaringan Otot Putih Keruh

Selayaknya manusia, udang juga akan mengalami kepucatan jika terserang penyakit. Udang yang sakit biasanya akan mengalami pemudaran warna hingga terlihat lebih pucat dari udang normal. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kulit udang mengeras dan membuat jaringan otot menjadi putih keruh. Jika udang sudah menunjukkan gejala itu, maka sakitnya sudah bertambah parah.

Mata Pucat dan Gerakan Lambat

Jika Anda mendapati udang lebih sering berada di permukaan tambak dan cenderung tidak menghindari cahaya, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan segera. Jika terlihat mata udang pucat maka dapat dipastikan bahwa udang terserang penyakit.

Terdapat Benang Putih Dekat Tubuh

Benang putih tersebut sejatinya ialah kotoran dari udang. Jika Anda mendapati udang pada tambak Anda dikelilingi oleh benang-benang putih, maka dapat dipastikan bahwa udang Anda terserang penyakit kotoran putih. Penyakit ini menyerang sistem pencernaan udang dan bersifat mematikan.


Baca Juga:

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon