• Redaktur: Audri Rianto

Pemula Wajib Tahu. Begini Cara Tentukan Jumlah dan Letak Kincir pada Tambak


Kincir air merupakan alat yang biasa dipakai untuk menyuplai oksigen pada tambak. Fungsi lain dari kincir adalah membersihkan permukaan tambak dan menciptakan arus stabil untuk menunjang pertumbuhan udang.

Sumber: isw.co.id

Untuk memastikan fungsi kincir air dapat berjalan dengan baik dan optimal, para pembudidaya wajib mengetahui cara menentukan jumlah dan letak kincir air pada tambak.

Menentukan Jumlah Kincir Tambak

Dalam menentukan jumlah kincir yang akan digunakan pada tambak, anda terlebih dahulu harus memerhatikan umur udang dan juga tingkat kepadatannya di tambak.

Pada tambak yang digunakan untuk proses pembibitan biasanya menggunakan lebih sedikit kincir dibandingkan dengan tambak yang sudah terisi udang besar atau dewasa. Apalagi padat tebar pada tambak tergolong cukup tinggi, maka kincir yang digunakan juga harus ditambah demi mencukupi kadar oksigen terlarut dalam tambak.

Menentukan Letak Kincir Tambak

Dalam menentukan posisi kincir, anda sebaiknya harus memahami terlebih dahulu arah arus yang dihasilkan oleh kincir. Pada umumnya, penggunaan kincir dimaksudkan untuk menciptakan pusaran arus sehingga air dapat membersihkan kotoran yang ada pada tambak.

Untuk itu, acuan anda sebelum meletakkan kincir adalah pusaran air yang akan dihasilkan. Setelah mengetahui konsep dasar tersebut, anda hanya tinggal menyesuaikan tata letak dengan bentuk tambak anda.

Peletakan kincir air juga harus berjarak minimal 1 meter dari daratan, serta pastikan impeller kincir tenggelam pada kedalaman 7 sampai 9 cm. Usahakan kincir tetap stabil saat beroperasi, anda dapat menggunakan tali nilon sebagai penahan kincir.

Pastikan bahwa kincir yang anda gunakan tahan terhadap salinitas tinggi sehingga tahan terhadap korosi. Maka pilihlah kincir air yang sudah teruji kualitasnya seperti kincir air olimpia. Dengan dinamo berbahan dasar stainless steel serta pelampung yang terbuat dari plastik HDPE, membuat kincir air olimpia dapat beroperasi lebih lama dan tahan karat dibandingkan dengan kincir air merk lainnya.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#menentukanjumlahkincirtambak #menentukanletakkincirtambak

442 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon