• Redaktur: Audri Rianto

Meningkatkan Produksi Getah Karet dengan Bawang Merah


Karet merupakan tanaman perkebunan terpopuler kedua di Indonesia setelah kelapa sawit. Dengan begitu, jumlah petani karet juga diperkirakan mengimbangi jumlah petani kelapa sawit.

Beberapa tahun belakangan, karet diketahui mengalami penurunan harga jual. Hal ini membuat petani harus lebih memutar otak untuk mendapatkan penghasilan yang minimal menyamai penghasilan sebelum penurunan harga.

Sumber: rainforest-alliance.org

Caranya adalah dengan memacu tanaman karet untuk menghasilkan getah yang lebih banyak.

Mahasiswa dari Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) sempat melakukan penelitian dengan memanfaatkan bawang merah sebagai stimulator produksi getah tanaman karet.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bawang merah mampu meningkatkan produktivitas tanaman karet.

Perlu diketahui mengapa bawang merah mampu meningkatkan produksi getah pada tanaman karet ialah karena bawang merah mengandung hormon auksin. Diketahui, untuk dapat menghasilkan getah, tanaman karet membutuhkan auksin. Namun, pada tanaman karet yang sudah sering disadap, kandungan auksinnya akan semakin berkurang.

Dengan menggunakan bawang merah, maka kebutuhan auksin tanaman karet yang sudah sering disadap akan tertolong.

Cara Penggunaan

Untuk menjadikan bawang merah sebagai stimulator produksi getah karet, sebaiknya anda menyimak beberapa langkah di bawah ini.

Pertama, buatlah sadapan baru pada pohon karet melingkari kulit terbawah (5-10 cm) dengan lebar 1 sampai 2 cm. Sadapan baru diketahui belum terkontaminasi oleh bakteri sehingga lebih efektif saat diberikan perlakuan dengan ekstrak bawang merah.

Kedua, persiapan bahan ekstrak, yaitu campurkan ROTAN (Ramuan Organik TANaman) atau probiotik tanaman sebanyak 1 liter dengan jus bawang 1 kg dan air 2 liter. Aduk hingga tercampur merata.

Ketiga, oleskan ekstrak yang telah disediakan ke kulit bekas sadapan tadi menggunakan kuas cat. Lakukan langkah ini 2 minggu sekali pada sore hari.

Baca Juga:

#meningkatkanproduksikaret #produksikaret #tanamankaret #produksikaretindonesia

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon