top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Melihat Kesehatan Udang Dari Cara Berenangnya

Pada usaha budidaya udang, fokus utama yang harus terus dijaga adalah kesehatan udang. Udang yang sehat bisa dikatakan harga mati yang harus dibayar petambak agar usaha budidaya yang ia geluti membuahkan hasil.



Ciri udang sehat sebenarnya dapat dilihat secara kasat mata, yakni dengan memperhatikan cara berenangnya. Meskipun berbeda dengan ikan yang mempunyai sirip, udang juga bisa berenang dengan baik berkat perpaduan otot perut, kaki kecil, dan ekor yang dimilikinya.


Sebagai seseorang yang menggeluti usaha budidaya udang, sudah sepatutnya Anda jeli dalam memperhatikan hal ini. Berikut ini beberapa ciri udang yang sehat dilihat dari cara berenangnya.

 

1. Aktif dan Responsif

Ciri pertama yang menandakan udang yang Anda budidaya dalam keadaan sehat adalah udang akan terlihat aktif berenang ke sana ke mari serta menunjukkan sikap yang responsif. Sikap responsif ini dapat ditandai saat Anda memberi pakan. Sesaat setelah pakan dilempar ke dalam tambak, maka udang yang sehat akan langsung muncul ke permukaan untuk mengejar pakan yang diberikan.


Nah, jika pakan sudah diberikan namun udang tampak lesu atau bahkan berdiam diri di dasar tambak seolah tidak memberikan respon, maka dapat dipastikan bahwa udang sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja. Bisa saja udang sedang stres atau lebih fatalnya udang sudah terinfeksi suatu penyakit.

 

2. Perilaku Abnormal

Ada kalanya udang berenang tidak seperti biasanya atau menunjukkan posisi berenang abnormal. Posisi yang dimaksud abnormal adalah udang berenang dengan posisi terbalik atau berputar-putar. Cara berenang yang tidak biasa ini bisa menjadi indikasi bahwa udang sedang sakit atau stres. Jika Anda melihat udang berenang dengan cara yang tidak biasa, maka sudah seharusnya Anda melakukan pengamatan lebih dalam untuk mengetahui penyebabnya.

 

3. Respon terhadap Lingkungan

Udang dikenal cukup sensitif dan responsif dengan perubahan kondisi lingkungan tempat ia hidup, contohnya mereka akan cepat bereaksi terhadap perubahan cahaya atau adanya suara secara tiba-tiba. Hal ini bisa dijadikan indikasi dalam melihat tingkat kesehatan udang. Jika udang tampak tidak responsif atau lambat dalam merespons, ini mungkin menunjukkan bahwa udang sedang dalam kondisi stres atau sakit.

 

4. Interaksi dengan Udang Lain

Sama seperti manusia, udang juga kerap melakukan interaksi dengan udang lainnya. Dari caranya berinteraksi, dapat kita simpulkan apakah udang dalam keadaan sehat atau sakit. Udang yang sehat akan berinteraksi dengan udang lainnya dengan cara yang normal, dengan kata lain tidak menimbulkan kegaduhan yang bersifat mengganggu bagi udang lainnya. Jika udang tampak agresif atau cenderung menghindari interaksi dengan udang lain, ini mungkin menunjukkan bahwa udang sedang dalam kondisi stres atau sakit.

 

Dengan memperhatikan cara berenang dan perilaku udang, Anda akan mendapatkan gambaran awal tentang kesehatan udang yang Anda budidaya. Selanjutnya, Anda dapat dengan mudah menentukan tindakan lanjutan guna menghindari kerugian dalam skala besar.



Baca Juga

678 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page