top of page
Redaktur: Yos Mo

Manfaat Zeolit untuk Pertanian


Banyak manfaat zeolit untuk pertanian. Mineral alami zeolit dapat mengatasi kesuburan tanah yang menurun. Zeolit memiliki kemampuan mengikat hara yang diberikan melalui aplikasi pupuk, dengan kata lain zeolit mampu untuk mengawetkan pupuk. Hara yang terikat tersebut lambat laun diserap oleh akar tanaman.

Memakai zeolite berarti menghemat biaya pemupukan. Patut diingat, zeolit merupakan bahan pendamping pupuk, bukan sebagai pengganti pupuk.

manfaat zeolite untuk pertanian

Zeolite Powder/ dokumentasi ISW

Pemberian zeolit dalam dosis tinggi, di atas 1 ton per hektar, dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Aplikasi zeolit yang diikuti pemberian pupuk anorganik maupun organik dapat meningkatkan efisiensi serapan hara pupuk, memperbaiki struktur dan agregat tanah, juga tingkatkan kapasitas tukar kation yang cegah pencucian hara dalam tanah.

Areal pertanaman sawit paling banyak mengalami degradasi tingkat kesuburan tanah. Degradasi kesuburan lahan bisa disebabkan oleh tingginya produktivitas sawit, juga disebabkan oleh nutrisi pupuk yang hilang karena terlarut melalui resapan air. Dapat juga terjadi karena perubahan cuaca, tanah tidak terawat, aerasi tanah tidak diperbaiki, dan tanah tidak lagi mengandung unsur mikro.

Dari hasil penelitian studi kelayakan pada perkebunan sawit dengan menggunakan campuran pupuk dan zeolit, didapatkan perbandingan terbaik pemupukan adalah NPK : Zeolit = 3 : 2. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa zeolit menghemat penggunaan pupuk dan dapat meningkatkan hasil panen.

Zeolit juga digunakan untuk menetralkan unsur yang mencemari lingkungan, dapat mengurangi tingkat pencemaran logam berat seperti Pb dan Cd, meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air irigasi lahan persawahan, dan menjaga keseimbangan pH tanah.

Baca Juga Artikel Terkait Mineral Zeolit

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

10.696 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page