• Redaktur: Audri Rianto

Cara Jitu Hilangkan Busa pada Kolam Lele


Buih yang muncul pada permukaan air kolam lele mengindikasikan bahwa adanya sesuatu yang buruk. Pasalnya, buih yang muncul pada air kolam menandakan menurunnya kualitas air. Jika dibiarkan tentu dapat mengakibatkan kematian ikan lele.

Setelah sebelumnya, kami membahas mengenai penyebab buih muncul pada permukaan air kolam lele, di tulisan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi buih pada air kolam lele.

Sumber: arenahewan.com

Cara Mengatasi Kolam Ikan Lele Berbusa

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, yaitu dengan membuang air di bagian bawah kolam sebanyak 30 persen. Setelah itu, isi kembali dengan air baru yang bersih. Selanjutnya, anda wajib mempuasakan ikan lele kurang lebih 1 hari sampai ikan lele terlihat lincah kembali.

Pemberian probiotik pada kolam juga sangat dianjurkan guna meningkatkan bakteri baik pada kolam, sehingga kualitas air menjadi stabil dan optimal bagi pertumbuhan ikan lele.

Sementara itu, untuk kolam dengan padat tebar tinggi cara mengatasinya adalah dengan melakukan penjarangan. Bisa juda dengan melakukan sistem kocor (mengalirkan air dengan semburan kencang secara berulang) dengan menggunakan aerator.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengatasi busa pada kolam ikan lele. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

#kolamleleberbusa #menghilangkanbusakolamlele

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon