• Audri Rianto

EM4 Perikanan, Probiotik yang Pas Untuk Tambak Udang

EM4 merupakan produk hasil dari kultur mikroorganisme yang memiliki manfaat di banyak bidang. Produk EM4 sendiri memiliki banyak jenis dan salah satunya adalah EM4 perikanan. EM4 perikanan ini dapat diaplikasikan ke semua jenis usaha budidaya perairan, seperti udang dan ikan.


Mikroorganisme yang terkandung pada EM4 memiliki banyak fungsi, seperti meningkatkan jumlah bakteri pengurai, membantu menekan patogen penyakit pada lingkungan budidaya, serta mampu menstimulasi enzim pencernaan pada komoditi budidaya. Bisa dibilang EM4 ini merupakan probiotik dan para pembudidaya udang sudah tidak asing dengan istilah tersebut.

Selain dari penjelasan di atas, masih ada beberapa fungsi dari probiotik untuk tambak udang. Fungsi-fungsi tersebut ialah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh udang, sehingga udang tidak mudah terserang penyakit selama proses budidaya berlangsung.

  • Daya tahan tubuh yang kuat memungkinkan udang untuk tumbuh lebih baik, sehingga panen dapat dilakukan tepat waktu.

  • Meningkatkan penyerapan oksigen dalam air, sehingga kadar oksigen tetap stabil selama proses budidaya.

  • Mengurai bahan-bahan organik yang terkumpul pada dasar tambak, sehingga air tambak menjadi lebih sehat dan terhindar dari munculnya gas-gas beracun seperti amonia, metan dan hidrogen sulfida.

Dalam budidaya udang, penggunaan probiotik biasanya dilakukan ketika tambak memenuhi beberapa faktor.

Penggunaan Lahan Terus-menerus

Tambak yang digunakan secara terus-menerus tentu akan mengalami penurunan kesuburan. Hal ini tentu membuat lingkungan tambak akan rentan terhadap pertumbuhan bakteri jahat yang nantinya akan menjadi vektor penyakit bagi udang.

Pada kondisi tersebut penggunaan probiotik berupa EM4 pertanian sangat tepat untuk dilakukan, karena EM4 sendiri dapat membantu menekan populasi bakteri jahat yang ada pada tambak.

Penurunan Kualitas Air

Selama proses budidaya berlangsung, kualitas air pada tambak akan mengalami penurunan. Penurunan kualitas air ini disebabkan oleh menumpuknya bahan organik pada dasar tambak. Bahan-bahan organik ini tentu berasal dari berbagai sumber, seperti pakan yang tidak termakan dan hasil ekskresi dari udang. Untuk itu, pemberian EM4 sangat baik dilakukan demi memicu terjadinya penguraian bahan organik yang ada pada dasar tambak.

Nafsu Makan Udang Tidak Merata

Nafsu makan yang tidak merata kerap terjadi dan hal ini akan menghambat pertumbuhan udang. Nafsu makan yang tidak merata ini tentu mengganggu proses pembesaran udang, sehingga panen akan memakan waktu yang lebih lama.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, EM4 perikanan dapat merangsang sistem pencernaan pada udang dalam mencerna pakan yang diberikan. Caranya ialah dengan menyemprotkannya pada pakan yang akan diberikan.



Baca Juga:

45 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon