top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

5 Cara Memasak Ikan yang Baik dan Sehat


Ikan dikenal kaya akan nutrisi. Itulah mengapa rajin mengonsumsi ikan memberikan manfaat luarbiasa bagi kesehatan. Namun, tidak semua orang mengerti cara mengolah ikan yang baik dan benar.

Ikan yang dimasak dengan cara yang salah tentu dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Ikan kebanyakan dimasak dengna cara digoreng. Padahal, terlalu sering makan makanan yang digoreng memiliki dampat yang buruk bagi tubuh.

Berikut ini 5 cara memasak ikan yang baik, yang dapat anda coba dirumah.

1. Baking Teknik satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin memasak ikan secara utuh. Teknik memasak dengan cara dipanggang ini tidak membutuhkan banyak tenaga. Agar lebih sehat, sebaiknya anda memperhatikan jumlah mentega atau minyak yang akan anda gunakan ke dalam resep masakan.

Sebaiknya tidak berlebihan agar kolestrol tidak naik. Untuk lebih terasa nikmat, anda dapat menambahkan bumbu-bumbu atau rempah-rempah lainnya.

2. Poaching Teknik selanjutnya diperuntukkan bagi anda yang ingin membuat steik ikan dengan potongan padat tidak mudah hancur. Poaching (rebus) menjaga kualitas daging agar tetap terasa lembut.

Untuk merebus ikan, sebaiknya siapkan kaldu sayur atau ayam agar rasanya lebih enak. Gunakan kuali yang besar agar dapat menampung beberapa potong ikan. Tuangkan kaldu yang telah disiapkan ke seluruh permukaan ikan. Masak selama kurang lebih 10 menit hingga kaldu mendidih.

3. Pan Frying Anda boleh sesekali memasak ikan dengan cara digoreng. Namun, perhatikan minyak yang digunakan. Agar lebih sehat, sebaiknya gunakan mentega dan minyak zaitun dengan jumlah yang wajar pada wajan anti lengket.

Mentega diketahui mengandung vitamin A, E, K dan selenium sehingga dapat memberikan tambahan nutrisi saat ikan digoreng. Sementara minyak zaitun digunakan dengan tujuan untuk menjaga mentega agar tidak hangus.

4. Broiling Jika cuaca di luar tidak memungkinkan untuk menggunakan panggangan, maka sebaiknya anda menggunakan cara ini. Broiling atau memanggang dengan menggunakan pemanas merupakan pilihan yang pas bagi anda yang tidak bisa memanggang ikan di luar ruangan. Ikan yang dihasilkan dengan menggunakan cara ini memiliki warna kecoklatan pada kulitnya, renyah di luar namun lembut di dalam.

5. Grilling Jenis ikan yang cocok dimasak dengan menggunakan cara ini adalah salmon, tuna atau halibut. Grilling merupakan teknik memasak ikan dengan cara dipotong sesuai selera untuk dipanggang di ruangan terbuka.

Setelah ikan selesai dipanggang, ikan dapat dihidangkan bersandingan dengan makanan sehat lainnya, seperti tumis sayuran dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda tentu akan mendapatkan tambahan nutrisi sehingga menjadi lebih seimbang.

Baca Juga:

2.758 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page