• Audri Rianto

Butuh Banyak Tenaga Kerja, Menteri Edhy Ajak Milenial Lirik Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP), Edhy Prabowo mengajak para anak muda untuk turut berkontribusi dalam memajukan sektor perikanan di Indonesia. Pasalnya, pihaknya tengah menyiapkan bantuan modal dan bimbingan teknis dalam menjalankan usaha perikanan.

Sumber: liputan6.com


Sektor kelautan dan perikanan kita punya potensi besar. Jadi, jika berbicara mengenai lapangan kerja, (tentu) di sini banyak sekali. Makanya, saya mengajak para anak muda untuk ambil bagian,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk menjadi nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam hingga pengelola hasil perikanan saat ini bukanlah perkara yang sulit untuk anak muda. Sebab, saat ini sudah ada teknologi yang bisa membantu proses produksi dengan hasil yang maksimal.

Selain itu, sudah banyak literatur yang bisa dipelajari guna meningkatkan produktivitas dan juga dalam mengembangkan usaha. Dia memberikan contoh, teknologi semi-intensif pada tambak udang vaname yang rata0rata dapat menghasilkan hingga 40 ton per hektarnya. Sedangkan untuk yang konvensional sendiri produksinya bisa mencapai 2 ton per hektar.

Menekuni bidang-bidang pada sektor perikanan merupakan langkah yang positif bagi anak muda, di mana mereka akan menjadi lebih produktif, berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi sesamanya.

Menteri Edhy juga mengatakan jika sudah banyak anak muda yang berhasil di sektor perikanan ini, baik itu di perikanan budidaya, tangkap, pengolahan maupun pemasaran. Dia juga menambahkan jika pasar perikanan Indonesia saat ini terlalu besar, jadi sangat sayang apabila disia-siakan.

Menteri Edhy mengaku tidak hanya mengajak para anak muda, tetapi ia juga siap memberikan akses modal hingga bimbingan teknis bagi anak muda yang benar-benar ingin terjun di bidang kelautan dan perikanan. Akses modal nantinya bisa didapatkan lewat perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat maupun BLU LPMUKP yang dikelola secara langsung oleh KKP.

326 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon