• Redaktur: Audri Rianto

Lele Barbie, Lele Cantik Berwarna Pink


Ikan lele biasana memiliki warna hitam ke abu-abuan, namun tidak dengan lele yang satu ini. Ikan lele ini berwarna pink dan dinamai ikan lele Barbie.

Berkat hasil eksperimennya, pria asal Jepara telah berhasil mengubah warna ikan lele menjadi pink. Hal itupun terdengar tidak biasa sehingga menarik perhatian warga setempat. Pria tersebut bernama Noor Fahrudin merupakan peternak lele yang sudah berkecimpung di dunia budidaya lele sejak 1999.

Sumber: detik.com

Ia sangat berkeinginan memiliki ikan lele dengan warna yang berbeda, jadi ia memutuskan untuk melakukan eksperimen. Selama ini masyarakat mengenal lele albino, yaitu lele yang memiliki warna putih hasil dari perkawinan silang. Namun, Fahrudin menginginkan lele dengan warna berbeda, tetapi dihasilkan tidak dengan melakukan perkawinan silang. Ia pun mulai melakukan riset selama 4 tahun untuk mendapatkan lele Barbie ini.

Dalam melakukan eksperimen itu, dia menggunakan lele dumbo sebagai sampel percobaan. Dia mencoba untuk mengubah penampilan lele dumbo melalui asupan dan pola makannya, tanpa mengubah genetik yang ada.

Fahruddin kemudian memberi lele-lele yang dibudidayakannya dengan pakan berupa daun pepaya dan daun singkong yang dicampurkan dengan protein nabati dan hewani. Sebelum dicampur, dedaunan tersebut difermentasi terlebih dahulu hingga warnanya berubah orange.

Jika daun-daun tersebut tidak difermentasi, maka pakan tersebut tidak akan memicu perubahan kulit pada lele. Fahrudin memberi lelenya pakan tersebut selama 4 tahun. Perubahan mulai tampak pada tahun ketiga, karena saat itu lele lahir dengan warna zebra. Hingga pada tahun keempatlah lele terlihat lahir dengan warna pink. Akibat dari warnanya yang lebih lucu inilah Farudin memberinya nama Lele Barbie.

Dari eksperimen yg dilakunnya, warna pink pada lele tersebut terjadi karena pada dedaunan mengandung zat klorifil yang ditambahkan protein secara terus-menerus. Tak hanya tampak lucu, lele Barbie ini juga mengandung serat yang lebih tinggi, sehingga daging akan lebih kenyal dibandingkan dengan lele biasa.


69 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon