• Redaktur: Audri Rianto

Cara Sederhana Hilangkan Bau Tanah pada Ikan


Saat membeli ikan di pasar, terkadang kita tidak dapat mencium aroma tanah pada ikan. Namun, setelah dimasak dan dimakan terkadang bau tanah tersebut muncul, dan terdapat banyak orang yang sangat tidak menyukai ikan yang memiliki bau tanah.

Sumber: fimela.com

Biasanya ikan yang sering memiliki bau tanah ini adalah ikan air tawar seperti lele, mujahir, nila, gabus dan lain sebagainya. Seperti dilansir dari fimela.com, berikut ini tips untuk menghilangkan bau tanah pada ikan.

Rendam dengan Jeruk Nipis atau Lemon

Pada saat Anda membersihkan ikan sebelum dimasak, sebaiknya Anda melumurinya dengan air jeruk nipis atau lemon selama beberapa saat. Pastikan bahwa Anda melumurinya secara rata hingga pada bagian tubuh yang tersembunyi dan bercelah. Setelah 30 menit, Anda dapat membersihkan air lemon pada ikan menggunakan air mengalir.

Rendam dengan Garam

Selain menggunakan jeruk nipis atau lemon, Anda juga dapat menggunakan garam. Caranya sama, yakni Anda tinggal melumuri ikan dengan garam secara merata dan tunggu selama 30 menit dan selanjutnya dibilas dengan air mengalir hingga bersih. Cara ini dinilai cukup efektif, namun kekurangannya adalah daging ikan akan terasa sedikit asin.

Digoreng

Cara selanjutnya adalah tergantung dari cara memasaknya. Untuk menghindari bau tanah pada ikan, maka sebaiknya hindari memasaknya dengan cara mengukus, dibakar atau dimasak kuah. Lebih baik ikan digoreng, sehingga bau tanah akan hilang dan tergantikan dengan bau minyak goreng yang lebih gurih dan enak.


CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon