top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Geomembrane Dapat Tingkatkan Kualitas dan Harga Jual Garam


Geomembrane sudah banyak digunakan oleh para petambak, baik tambak udang maupun tambak garam sebagai alas. Penggunaan geomembrane ini dilakukan karena geomembrane sudah terbukti mampu meningkatkan produktifitas tambak.

Sumber: primageotextile.com

Pada tambak garam sendiri, geomembrane sudah terbukti mampu membuat garam yang dihasilkan lebih bersih dan memiliki kuantitas yang lebih banyak bila dibandingkan dengan tambak garam konvensional tanpa menggunakan geomembrane sebagai alasnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut ini penjelasannya.

Geomembrane Mencegah Pencemaran Bahan Baku

Geomembrane merupakan lapisan plastik dengan ketebalan yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai penahan tanah dasar tambak. Kemampuan anti bocor pada geomembrane dapat mencegah tanah dasar tambak mencemari air laut yang digunakan untuk membuat garam. Sehingga pada proses pengkristalan, garam yang dihasilkan akan menjadi lebih bersih.

Geomembrane Mencegah Garam Larut Dalam Tanah

Pada tambak garam konvensional, garam yang dihasilkan dapat larut atau menyatu kembali dengan tanah saat akan dipanen. Hal ini tentu dapat mengurangi kuantitas dari produksi yang dihasilkan oleh tambak tersebut. Dengan menggunakan geomembrane sebagai alas tambak, tentu akan mencegah hal itu terjadi. Akhirnya, hasil panen yang diperoleh akan lebih banyak serta panen akan lebih mudah untuk dilakukan.

Garam dengan tingkat kebersihan yang tinggi menandakan bahwa garam tersebut memiliki kualitas yang baik, tentu hal tersebut mendorong harga jual menjadi lebih tinggi lagi. Selain harganya yang menjadi meningkat, kuantitas produksi yang meningkat juga sangat berpengaruh terhadap keuntungan yang diperoleh oleh petambak.

Dari penjelasan di atas, penggunaan geomembrane pada tambak garam saat ini sudah menjadi sebuah keharusan demi meningkatkan produktifitas. Selain itu, biaya produksi yang dibutuhkan untuk memasang geomembrane pada tambak garam juga dinilai tidak terlalu besar, karena geomembrane dapat digunakan hingga lebih dari 7 tahun. Daya tahan yang tinggi ini diperoleh dari material pembuatnya, yakni terbuat dari HDPE (High Density Polyethylene) yang tahan terhadap cuaca panas dan korosi akibat air laut.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia


178 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page