• Redaktur: Audri Rianto

Cara Merawat Kincir Tambak Agar Tetap Optimal


Kincir tambak merupakan aerator yang sangat sering digunakan pada tambak. Guna kincir air pada tambak ialah untuk menyuplai oksigen ke dalam air, sehingga oksigen yang terlarut nantinya akan digunakan oleh udang untuk bernapas.

Kincir air tambak harus mampu bekerja secara optimal terus menerus tanpa henti karena udang memerlukan oksigen setiap harinya selama proses budidaya berlangsung. Keberadaan kincir pada tambak sangat diperlukan terutama pada malam hari, karena diketahui bahwa kadar oksigen terlarut tambak pada malam hari mengalami penurunan.Untuk itu, melakukan perawatan terhadap kincir tambak dinilai sangat perlu guna menjaga kinerja kincir tetap optimal.

Sumber: cnnindonesia.com

Perawatan kincir umumnya dapat dilakukan dengan mudah, untuk itu wajib bagi petambak untuk melakukannya secara rutin. Berikut ini cara merawat kincir tambak agar tetap optimal bekerja.

  • Setelah kincir selesai digunakan, biasanya setelah tambak panen, seka pasir dan padatan lain yang ada pada permukaan impeller. Tujuan melakukan pembersihan ini adalah agar kincir tidak mudah berkarat atau terkena korosi.

  • Saat kincir digunakan, pastikan bahwa tegangan listrik yang digunakan dalam keadaan stabil. Listrik yang stabil tentu membuat kinerja kincir lebih maksimal, dan membuatnya lebih awet.

  • Rutin mengganti minyak pelumas roda gigi setelah kincir digunakan hingga lebih dari 300 jam kemudian dilanjutkan setiap 3600 jam kemudian. Mengganti minyak pelumas ini bertujuan untuk mengurangi efek kerusakan dari gesekan yang ditimbulkan, sehingga umur peredam pada kincir menjadi lebih panjang.

  • Bersihkan juga pelampung pada kincir dari berbagai kotoran yang menempel, sehingga kincir pelampung tetap mengembang dengan baik dan kincir dapat terapung dengan stabil.

Kincir Air Tambak Berkualitas Tinggi

Setelah mengetahui tips dan cara merawat kincir tambak dengan baik, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan kincir air yang didesain memiliki kualitas tinggi. Kincir air tambak merk Olimpia merupakan salah satu kincir terbuat dari komponen berkualitas tinggi yang mampu memberikan suplai oksigen secara stabil selama proses budidaya berlangsung.

Dilengkapi dengan gear box berbahan titanium alloy model bevel gear membuat kincir ini mampu menghemat daya hingga 20 persen. Hal ini tentu membuat petambak lebih hemat dalam konsumsi listrik. Besi as pada kincir ini juga terbuat dari bahan stainless steel yang tahan terhadap korosi, tentu menjadikan kincir ini lebih awet dibandingkan dengan kincir tambak lainnya.

Selain itu, pelampung dari kincir ini juga terbuat dari plastik HDPE (high density polyethylene) yang tahan terhadap paparan matahari langsung secara terus menerus tanpa takut mengalami keropos.

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia


601 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon