• Redaktur: Audri Rianto

Cacing Sutra Membuat Pertumbuhan Benih Lele Menjadi Lebih Baik


Ikan lele termasuk jenis ikan yang sangat dibudidayakan. Daya tahan tubuh yang kuat membuatnya dapat hidup di keadaan lingkungan apapun. Namun, bukan berarti lele tidak membutuhkan perawatan lingkungan dalam hidupnya loh.

Pasalnya, dengan menjaga lingkungan tempat budidaya, lele tentu akan tumbuh lebih baik. Selain lingkungan yang terjaga, pakan juga sangat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan lele. Untuk itu, dengan memberikan makanan yang tepat, maka lele bisa menjadi lebih cepat besar dan dapat dipanen lebih awal.

Sumber: rumahulin.com

Masa pertumbuhan krusial pada lele dimulai dari pembenihan. Untuk itu, memberikan pakan pada benih harus dilakukan dengan teliti. Pakan organik diyakini lebih memberikan efek positif terhadap pertumbuhan benih lele dibandingkan dengan pakan kemasan.

Salah satu pakan organik yang sering diberikan pada benih lele adalah cacing sutra atau tubifex. Penelitian yang dilakukan oleh Madinawati, Norvalina Serliati dan Yoel yang dipublikasikan di Media Litbang Sulteng IV dengan tajuk "Pemberian Pakan Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo", mengatakan bahwa pemberian cacing sutra memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan benih lele.

Penelitian dilakukan di Kelurahan Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu yang dimulai dai bulan Mei hingga Juli 2010. Penelitian tersebut bertujuan untuk membandingkan 3 jenis pakan untuk benih lele, yaitu cacing sutra, jentik nyamuk, dan pellet butiran. Berikut ini adalah hasilnya.

Pertumbuhan Bobot Mutlak

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa pemberian tubifex atau cacing sutra merupakan perlakukan yang sangat baik, karena mampu memberikan pertumbuhan bobot hingga 3,26 gram. Sedangkan untuk jentik nyamuk dan pellet butiran memberikan pertumbuhan bobot yang tidak jauh beda, yakni 0,79 gram dan 0,78 gram.

Capaian ini tentu tak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada pada cacing sutra, yakni kadar protein yang tinggi hingga 57% yang membuat pertumbuhan benih lele lebih baik.

Derajat Kelangsungan Hidup

Untuk kelangsungan hidup, diketahui ketiga jenis pakan ini berhasil membuat benih lele mampu bertahan hidup semua selama penelitian dilakukan. Jadi, rasio semua jenis pakan terhadap kelangsungan hidup lele adalah 100%.

Baca Juga:

#ikanleledumbo #pengaruhcacingssutra

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon