top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Ternyata Udang Hanya Mengonsumsi 85% dari Total Pakan yang Diberikan


Pakan merupakan komponen penting dalam menunjang pertumbuhan udang. Pemberian pakan pada udang harulah sesuai dengan kebutuhan udang itu sendiri, karena jika pakan yang diberikan kurang atau lebih dari kebutuhan, maka hal ini juga akan berdampak pada kesehatannya.

Nilai FCR atau konversi pakan yang diberikan menjadi salah satu indikator apakah pakan yang diberikan sudah efisien atau malah berlebihan. Namun, pada kenyataannya pakan yang diberikan ternyata tidak 100% dikonsumsi oleh udang.

Sumber: hobinatang.com

Menurut ahli, udang hanya memakan sekitar 85% dari total pakan yang diberikan. Lantas, ke mana sisa pakan itu? Berikut ini penjelasannya.

Dari 100% pakan yang diberikan, hanya 85% yang dikonsumsi dan diserap oleh udang, sementara 15% lainnya tidak termakan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi pengendapan di dasar kolam tambak.

Nah, dari 85% yang dikonsumsi, 20% di antaranya akan tercerna dan selanjutnya terbuang dalam bentuk kotoran atau feses dan sisanya digunakan untuk proses pertumbuhan sekitar 17% dan 48% lainnya untuk sumber energi dalam beraktivitas.

Baca Juga:

313 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page