top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Parasit Ini Dapat Membuat Udang Menjadi Kanibal


Peneliti menemukan sebuah parasit yang dapat mengubah udang menjadi kanibal. Akibat dari mikroorganisme tersebut udang air tawar yang ada di Irlandia Utara menjadi lebih rakus dan saling mangsa.

Parasit tersebut bernama Pleistophora mulleri, ditemukan oleh ilmuwan dari University of Leeds, Queen’s University Belfast and Stellenbosch Universitty di Afrika Selatan.

Sumber: kompasiana.com

Dr. Alison Dunn, selaku pemimpin dalam penelitian ini mengatakan, sebenarnya aksi makan antar sesama ini merupakan perilaku alamiah di dunia binatang, namun dengan adanya parasit ini ternyata dapat meningkatkan perilaku kanibalisme pada udang Gammarus duebeni celticus yang ada di Irlandia secara signifikan.

Dia menjelaskan bahwa udang-udang yang terinfeksi oleh parasit ini akan lebih sering menyerang udang-udang kecil dan memangsanya lebih cepat. Mandy Bunke, salah satu peneliti mengatakan bahwa parasit tersebut sangat kecil, yakni seukuran sel darah manusia.

Dia menuturkan bahwa kahadiran parasit-parasit itu membuat udang terlihat tidak transparan lagi. Udang akan cenderung terlihat berkapur, karena parasit akan menutupi setiap otot yang ada.


351 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page