top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Top Mini Grain, Alternatif Pakan Benur Udang Selain Monodon Mixfeed


Benur merupakan cikal bakal dari udang, untuk itu para petambak wajib merawatnya dengan baik agar nantinya larva menjadi bibit udang yang handal serta memiliki pertumbuhan yang baik.

Sumber: isw.co.id

Pemilihan pakan untuk larva udang tidak boleh sembarangan. Pakan haruslah mengandung nutrisi yang seimbang agar benur dapat tumbuh dengan baik. Pakan juga harus memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh benur. Seperti yang diketahui, benur udang memiliki ukuran yang sangat kecil, untuk itu ia memerlukan pakan yang memiliki ukuran yang kecil pula agar dapat tercerna dengan baik.

Pada tulisan sebelumnya, kami telah membahas mengenai P. Monodon Mixfeed, yang merupakan bahan pakan campuran untuk benur udang. Namun, diketahui harga dari P. Monodon Mixfeed terbilang cukup mahal.

Namun, petambak tidak perlu khawatir, karena ada jenis pakan yang bisa dijadikan alternatif pengganti P. Monodon Mixfeed. Produk yang dimaksud adalah Top Mini Grain.

Top Mini Grain mengandung nutrisi yang tak kalah dengan P. Monodon. Nutrisi-nutrisi tersebut adalah n-3 HUFA, vitamin, imunostimulan dan lainnya yang dapat meningkatakan daya tahan tubuh benur udang, sehingga benur tidak mudah terserang penyakit dan tidak gampang mengalami stres.

Proses pembuatannya yang melalui proses fermentasi menjadikan Top Mini Grain sebagai salah satu pakan bergizi seimbang. Hal ini tentu sangat baik dalam memengaruhi pertumbuhan benur untuk berjalan lebih cepat.

Harga dari Top Mini Grain juga terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan P. Monodon Mixfeed, sehingga petambak bisa menghemat biaya produksi pada proses pembesaran benur atau hatchery.

Baca Juga:

517 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page