top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Kandungan Nutrisi Artemia yang Baik bagi Pertumbuhan Larva Udang


Pembibitan atau hatchery udang merupakan langkah awal dari proses budidaya udang. Pada tahap tersebut, larva udang membutuhkan pakan dengan kandungan nutrisi yang baik, sehingga pertumbuhannya dapat terjadi dengan cepat dan optimal.

Sumber: sahidhir.com

Petambak mulai menyadari bahwa artemia merupakan produk pakan alami yang sangat baik bagi larva udang. Selain karena ukurannya yang sesuai dengan mulut larva udang itu sendiri, kandungan nutrisinya juga dinilai mampu mencukupi kebutuhan larva udang untuk tumbuh dan berkembang. Kandungan nutrisi udang yang dimaksud adalah protein dan asam amino.

Protein

Kandungan protein artemia diketahui sangat tinggi, yakni hampir 63 persen dari berat keringnya. Larva udang membutuhkan protein untuk menunjang metabolisme tubuhnya, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih cepat.

Selain itu, protein juga berfungsi dalam memperkuat daya tahan tubuh larva udang, sehingga larva menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit sehingga larva memiliki potensi hidup yang tinggi.

Asam Amino

Manfaat asam amino hampir sama dengan protein, yakni membantu pembentukan daging dan menjaga metabolisme tubuh larva tetap terjaga. Perpaduan antara protein dan asam amino diyakini mampu menciptakan udang yang unggul dan tahan penyakit.

Baca Juga:

436 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page