top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Perpaduan Secchi Disk dan TDS Meter Demi Cegah Kekeruhan Air


Air tambak dikenal memiliki kekeruhan, namun tidak sampai terlalu keruh hingga air terlihat gelap dan pekat. Kekeruhan air tambak yang baik dihasilkan oleh produksi plankton pada jumlah optimal.

Sumber: trobos.com

Biasanya, air tambak terlihat keruh berwarna kehijauan sebagai tanda bahwa produksi plankton dalam keadaan stabil.

Tingkat kekeruhan air tambak akan meningkat apabila adanya mineral maupun logam yang larut pada air, peristiwa ini disebut dengan Total Dissolved Solid (TDS). Partikel-partikel tidak diinginkan tersebut menyebabkan air menjadi keruh tak terkendali yang mengakibatkan daya ikan oksigen menjadi rendah, batas pandang udang berkurang dan berdampak pada menurunnya nafsu makan udang.

Untuk diketahui, kadar TDS yang baik untuk tambak adalah 300-600 ppm dengan tingkat kekeruhan normal yaitu 30-40 cm dari permukaan air. Untuk memantau tingkat TDS dan kekeruhan air pada tambak, Anda memerlukan alat yang disebut dengan TDS Meter dan Secchi Disk.

Kombinasi kedua alat tersebut akan membantu Anda untuk memastikan kualitas air tambak dalam keadaan yang baik dan sehat bagi kehidupan udang. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya bagi para petambak untuk memiliki kedua alat tersebut.

Baca Juga:

167 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page