top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Mengetahui Kualitas Air Tambak dengan TDS Meter


Kualitas air pada tambak menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan suatu usaha budidaya udang. Air tambak tidak selalu bersih dari kontaminasi partikel-partikel seperti mineral, garam, logam dan kation dan anion.

Sumber: isw.co.id

Semua partikel tersebut memengaruhi kekeruhan air yang menentukan tingkat TDS (Total Dissolved Solid). Kadar TDS pada air tambak yang baik adalah di bawah 300 ppm. Untuk itu, penting bagi para petambak untuk memeriksa kadar TDS tambaknya secara rutin.

Pengertian TDS

Total Dissolved Solid atau TDS merupakan ukuran dari tinggi rendahnya benda padat atau partikel-partikel yang terlarut dalam air sehingga menyebabkan air menjadi keruh. Salah satu partikel yang dimaksud adalah ion-ion yang memiliki dampak jangka pendek dan ada juga yang bersifat toksik atau beracun.

Pentingnya dalam menjaga kadar TDS untuk tetap dalam keadaan stabilna adalah untuk menjaga agar pertumbuhan udang tetap berjalan dengan baik. Kadar TDS yang tidak dikontrol dan dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan udang mati secara massal karena keracunan.

TDS Meter

TDS Meter merupakan alat yang dapat mendeteksi kadar TDS dalam air secara akurat. ISW Group menyediakan TDS Meter yang juga memiliki fitur ATC (Automatic Temperature Compensation) sehingga pengukuran menjadi lebih akurat.

Tidak hanya itu, fungsi auto off yang terdapat pada TDS Meter ini juga sangat berguna untuk menghemat konsumsi baterai, sehingga petambak tidak perlu terlalu sering mengganti baterai.

Baca Juga:

2.128 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page