• Redaktur: Audri Rianto

Kelebihan Ikan Lele sebagai Menu MPASI


Pemberian ASI oleh ibu kepada anaknya merupakan hal yang wajib dilakukan, namun ibu juga diperbolehkan untuk memberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI saat anak sudah berusia enam bulan ke atas.

Selain memberikan tambahan nutrisi, MPASI juga membantu merangsang lidah dan gigi si kecil untuk merasakan varian rasa dan tekstur makanan. Salah satu tantangan ibu untuk memberikan MPASI adalah bingung menentukan menu yang sehat dan juga enak untuk anaknya.

Sebetulnya, banyak menu yang bisa dipilih dan salah satunya adalah menu yang berbahan dasar ikan. Lele merupakan jenis ikan yang bisa menjadi menu andalan dalam membuat MPASI. Berikut ini beberapa kelebihannya.

Mudah Ditemukan dan Terjangkau

Ikan lele termasuk jenis ikan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, untuk menemukan ikan lele di pasar merupakan perkara yang mudah. Selain itu, harga ikan lele juga cukup terjangkau, hal ini tentu menjadi solusi yang tepat bagi para ibu untuk memanfaatkannya sebagai menu MPASI.

Mengandung Banyak Nutrisi

Walaupun murah, kandungan nutrisi ikan lele tak kalah dari jenis ikan yang lebih mahal darinya. Ikan lele mengandung protein, omega-3, omega-6 dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Kandungan Merkuri Rendah

Merkuri termasuk jenis logam berat yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia. Merkuri paling banyak terkandung dalam ikan laut. Ikan lele merupakan air tawar yang tentu saja hampir tidak mengandung merkuri pada dagingnya. Hal ini tentu membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Rasanya Enak

Hal yang paling penting bagi MPASI adalah rasanya, karena anak-anak tidak akan mau memakannya jika rasanya tidak enak. Untungnya, ikan lele memiliki rasa yang enak, sehingga anak-anak akan menyukainya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga sangat suka dengan rasa dari ikan lele.


CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon