top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Efek Negatif Limbah Industri yang Tidak Diolah


Limbah adalah hasil buangan dari proses produksi yang dihasilkan dari banyak industri. Indonesia sendiri merupakan negara berkembang dengan banyak industri, tak heran jika pencemaran lingkungan di Indonesia masih banyak terjadi.

Limbah mengandung beragam material beracun. Untuk itu, pengolahan limbah sebelum limbah dialirkan ke sungai merupakan sebuah keharusan. Pengolahan dilakukan agar kadar BOD dan COD pada limbah menurun agar limbah menjadi ramah lingkungan dan siap untuk dialirkan ke sungai.

Sumber: nebraska.co.id

Namun, masih sangat banyak penggiat industri yang tidak melakukan pengolahan limbah. Pembuangan limbah yang dilakukan sembarangan ini memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan.

  • Limbah cair yang masuk ke dalam sungai tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu dapat mencemari air. Material kasar pada limbah akan menyebar ke penjuru sungai, kemudian akan menyebarkan bakteri dan virus yang berbahaya.

  • Ikan dan biota air akan mati. Hal ini disebabkan oleh kadar BOD dan COD yang masih tinggi, sehingga partikel limbah akan mengikat sumber oksigen yang ada pada sungai. Akhirnya, ikan dan biota air lainnya mengalami hambatan dalam mengambil oksigen pada air dan berujung pada kematian.

  • Limbah yang dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu cenderung menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau ini tentu sangat mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar, serta berbahaya bagi manusia karena mengandung banyak gas metana.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

2.245 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page