• Redaktur: Audri Rianto

Syarat Lingkungan Ideal Untuk Budidaya Bandeng


Ikan bandeng merupakan salah satu ikan populer di Indonesia. Rasanya yang enak membuat ikan bandeng menjadi salah satu menu andalan di banyak rumah makan. Tak heran jika permintaan ikan bandeng di pasaran tidak pernah mengalami penyusutan.

Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut, banyak orang mulai melakukan proses pembudidayaan ikan bandeng. Bagi Anda yang berniat dan ingin memulai budidaya ikan bandeng ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui syarat lingkungan ideal bagi bandeng.

Sumber: fimela.com

Pengetahuan akan lingkungan ideal untuk bandeng ini sangat diperlukan agar bandeng yang dipelihara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut ini kami ulaskan untuk Anda.

Syarat pertama yang perlu di perhatikan dalam membudidayakan ikan bandeng adalah suhu air. Diketahui, bandeng dapat hidup dengan normal pada air dengan kondisi suhu antara 30-33 derajat celsius. Suhu tersebut membuat ikan aktif dalam mengonsumsi pakan yang diberikan.

Syarat kedua adalah salinitas. Harus diketahui bagi para pemula bahwa ikan bandeng memerlukan salinitas yang cukup tinggi untuk hidup, artinya ikan bandeng tidak akan bisa dibudidayakan di air tawar. Kadar salinitas yang diperlukan ikan bandeng untuk hidup dengan normal adalah 15-30 ppt.

Syarat ketiga adalah pastikan bahwa lingkungan tambak tidak tercemar oleh lumpur. Pasalnya, partikel lumpur yang berlebihan pada tambak dapat mengganggu pergerakan insang ikan, sehingga ikan akan mengalami kesulitan saat akan mengambil oksigen dari air.

Baca Juga:

#lingkunganuntukbandeng #oksigenterlarutuntukbandeng

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon