top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

4 Jenis Ikan Hias yang Dapat Hidup Tanpa Pompa Oksigen


Seperti yang kita ketahui, semua makhluk hidup termasuk ikan pasti membutuhkan oksigen untuk keberlangsungan hidupnya termasuk ikan. walaupun hidup di dalam air, ikan membutuhkan oksigen terlarut yang ada pada air.

Pada ikan budidaya, oksigen dihasilkan oleh pompa oksigen atau yang disebut dengan aerator. Namun, ada beberapa jenis ikan hias yang diketahui dapat hidup dengan baik tanpa memerlukan aerator. Dengan kata lain, ikan-ikan ini dapat hidup dalam keadaan minim atau bahkan tanpa oksigen.

Ikan Guppy

Sumber: jitunews.com

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang juga dapat hidup di air payau. Ikan guppy memiliki badan yang kecil dengan ekor yang lebar serta memiliki warna yang beragam.

Bentuk tubuhnya yang kecil membuatnya tidak membutuhkan tempat yang luas untuk hidup. Hanya dengan menggunakan akuarium kecil dengan volume minimal 1 liter air, ikan ini sudah bisa hidup dengan baik tanpa memerlukan pompa oksigen.

Ikan Platy

Sumber: jitunews.com

Ikan platy memiliki banyak jenis yang biasa dikelompokkan berdasarkan bentuk dan warna badannya. Ikan ini juga termasuk ikan yang paling mudah beranak di dalam akuarium.

Kebiasaan dari ikan ini adalah suka berenang di dekat permukaan air dan tak jarang juga ikan ini meloncat keluar. Karena kebiasaan ini, ikan ini mampu bertahan hidup di dalam akuarium yang tak memiliki pompa oksigen atau blower.

Ikan Molly

Sumber: jitunews.com

Ikan molly juga memiliki banyak jenis, pengelompokkannya juga sama seperti ikan platy, yakni berdasarkan warna dan bentuk badannya. Ikan ini juga memiliki kebiasaan cenderung berenang di dekat permukaan air

Ikan Cupang

Sumber: jitunews.com

Ikan cupang memang dikenal sebagai ikan hias yang paling mudah untuk dipelihara. Ikan ini dapat dipelihara dalam akuarium yang tidak memiliki lampu dan pompa oksigen. Jenis ikan cupang juga bermacam-macam, dan yang paling mudah ikan ini digolongkan menjadi 2, yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias.

Baca Juga:

19.200 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page