• Redaktur: Audri Rianto

Anglerfish, Monster Berlampu yang Hidup di Dasar Laut


Anglerfish merupakan jenis ikan dari ordo Lophiiformes yang dikenal memiliki bagian tubuh seperti lampu di kepalanya. Ikan ini diketahui hidup di dasar laut dan dapat ditemukan di Samudra Pasifik, Hindia, Arktik, Atlantik, Antartika hingga Laut Mediterania.

Selain memiliki lampu, anglerfish juga memiliki mulut yang besar dengan gigi-gigi yang runcing. Dari ciri tersebut, kita sudah bisa mengetahui bahwa ikan ini bersifat karnivora. Ikan ini berkeliaran di dasar laut untuk mencari mangsanya. Lampu yang ada di kepalanya tersebut digunakan sebagai pemikat untuk membuat ikan lain mendekatinya sebelum akhirnya dimangsa olehnya.

Sumber: sketchfab.com

Ada lebih dari 200 jenis Anglerfish di dunia, namun sebagian besar tinggal di dasar samudra Atlantik dan Antartika, yang mana akan lebih sulit untuk dijangkau.

Ikan ini umumnya memiliki warna abu-abu gelap hingga coklat tua serta memiliki kepala yang besar dengan bentuk mulut yang besar menyerupai bulan sabit dengan gigi yang tajam. Bahkan dengan mulutnya yang lebar, ia mampu melahap mangsa yang lebih besar 2 kali dari besar tubuhnya. Ukuran ikan ini juga bervariasi, yakni 20 cm hingga 1 m dengan berat dapat mencapai 45 kg.

Cahaya yang ditimbulkan dari antena yang ada di kepala ikan ini berasal dari dari yang disebut dengan Esca. Cahaya dihasilkan oleh bakteri yang masuk dan berkembang biak di dalamnya. Anglerfish dapat mengendalikan esca dengan menggoyang-goyangkannya untuk menarik mangsa.

Baca Juga:

#ikanbelampu

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon