top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Ikan Menjadi Malas Makan Saat Suhu Air Menurun


Dalam usaha budidaya ikan, suhu termasuk ke dalam parameter yang wajib dijaga kestabilannya. Suhu yang ideal tentu sangat memengaruhi tingkah laku ikan dalam kehidupannya sehari-hari.

Suhu air yang ideal pada budidaya ikan ialah berkisar antara 28 hingga 30 derajat celsius. Lantas apa yang akan terjadi jika suhu air tiba-tiba menurun? Jawabannya ialah ikan akan menjadi malas makan.

Sumber: ikankoi.org

Penurunan suhu biasanya terjadi pada musim pancaroba, yakni peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Menurunnya suhu air membuat ikan menjadi tidak mau makan. Pada kondisi ini, sistem pencernaan pada ikan akan mengalami penurunan fungsi sehingga ikan akan merasa kesulitan dalam mencerna makannya secara optimal.

Selain adanya gangguan pada sistem pencernaan, ikan juga akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini akan menjadi semakin parah tatkala munculnya bakteri patogen pada air akibat dari menurunnya suhu air menjadi terlalu dingin.

Hal inilah yang menyebabkan pada suhu dingin ikan menjadi lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit, bahkan tak jarang kondisi dapat menyebabkan ikan mati massal terutama pada ikan yang masih dalam pembenihan.

Berdasarkan hasil penelitian dari Tucker dan Hargreaves, suhu air memang sangat berpengaruh terhadap respon ikan dalam mengonsumsi makanannya. Suhu air yang berada di atas maupun di bawah suhu idealnya akan menyebabkan terganggunya nafsu makan ikan. Berikut ini tabel respon ikan terhadap suhu pada air kolam.

Sumber: bibitikan.net

Baca Juga:

1.889 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page