• Redaktur: Audri Rianto

Pantau Kadar Oksigen Terlarut pada Kolam Pasca Libur Panjang


Oksigen terlarut atau Dissolved Oxygen merupakan sejumlah oksigen yang terlarut dalam suatu perairan. Nilai DO yang stabil sangat dibutuhkan dalam proses budidaya perairan.

Semakin tinggi dan stabil kadar DO, maka hal tersebut menandakan bahwa perairan tersebut memiliki air dengan kualitas yang baik. Untuk itu, pemantauan DO sangat penting dilakukan agar ikan tidak mengalami gangguan.

Terlebih pada kolam yang telah ditinggal liburan untuk beberapa waktu. Pemantauan harus segera dilakukan demi memastikan kadar oksigen dalam jumlah yang cukup. Cara termudah untuk memantau kadar oksigen dalam kolam pasca libur panjang ialah dengan menggunakan alat yang dikenal dengan DO Meter.

DO Meter

Sumber: isw.co.id

DO Meter merupakan alat yang mampu menunjukkan besar kecilnya kadar oksigen yang ada di dalam air. Nilai yang ditampilkan tersebut dapat dijadikan acuan untuk menentukan apakah air tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

Kolam yang sudah diliburkan selama beberapa waktu tentu akan mengalami degradasi kualitas air, sehingga sangat tepat untuk mengetahui kadar oksigen dalam air tersebut sehingga anda akan mengetahui apakah kolam membutuhkan perlakuan khusus atau tidak.

Penggunaan DO Meter juga sangatlah mudah, anda hanya perlu mencelupkan pen yang ada pada DO Meter ke dalam kolam yang ingin anda ukur kadar oksigennya. Selanjutnya, alat tersebut akan menunjukkan nilai dari kadar oksigen yang ada pada kolam.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukan pengecekan secara berkala, yakni minimal dua kali sehari. Jika kadar oksigen dirasa mengalami penurunan, maka anda dapat mengaktifkan aerator yang anda miliki untuk menaikkannya.

Baca Juga:

#kadaroksigenpadakolam

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon