• Redaktur: Audri Rianto

8 Cara Membersihkan Akuarium Secara Alami


Kebersihan akuarium sudah sepantasnya untuk dijaga agar kehidupan ikan yang ada di dalamnya tidak mengalami gangguan. Akuarium yang terdapat tanaman air di dalamnya diketahui paling rentang mengalami pencemaran.

Akuarium yang sudah lama tidak dibersihkan akan terlihat adanya kotoran yang menempel pada dinding-dinding kacanya, hal ini ternyata mampu membuat ikan menjadi stres.

Sumber: rumahlia.com

Membersihkan akuarium bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang sulit, namun hal tersebut tetap harus dilakukan demi menjaga kualitas hidup ikan yang dipelihara. Sebenarnya, membersihkan tidaklah serumit yang dibayangkan jika mengetahui tahapan-tahapannya secara runtun. Berikut ini cara membersihkan akuarium yang benar untuk anda.

1. Cabut Aliran Listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan aliran listrik yang ada pada akuarium anda. Hal ini dilakukan demi keamanan anda saat membersihkan akuarium, karena akuarium yang masih teraliri listrik saat dibersihkan memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya kosrsleting listrik, dan hal itu juga membahayakan jiwa anda.

2. Pindahkan Ikan ke Dalam Bak Sementara

Setelah aliran listrik mati, langkah selanjutnya adalah memindahkan ikan-ikan ke dalam bak penampungan sementara. Pastikan bahwa bak dan air yang digunakan dalam keadaan bersih serta aman dari jangkauan anak-anak.

3. Pindahkan Semua Dekorasi Akuarium

Jika akuarium anda memiliki banyak komponen dekorasi di dalamnya, maka pindahkan semuanya ke tempat lain. Setelah semuanya dipindahkan, barulah air yang ada pada akuarium dikosongkan.

4. Bersihkan Bagian Dalam

Setelah akuarium dalam keadaan kosong, maka bersihkan bagian kaca dalam menggunakan spons atau kain yang menyerap air. Untuk kotoran dan lumut yang sudah berkerak, anda dapat menggunakan pisau untuk mengikisnya dari kaca hingga benar-benar bersih. Berhati-hatilah dalam menggunakan benda tajam dalam membersihkan kaca akuarium agar kaca tidak rusak.

5. Bersihkan Dekorasi dan Dasar Akuarium

Setelah bagian akuarium bersih, maka hal selanjutnya yang perlu dibersihkan adalah komponen-komponen penghias akuarium yang sebelumnya dipindahkan. Gunakan sabun atau detergen agar semua komponen hiasan akuarium dalam bersih secara menyeluruh.

Jika terdapat jamur, sebaiknya rendam dengan dua tetes cairan pemutih dan diamkan 15 menit, kemudian digosok menggunakan spons atau kain bersih lainnya. Selanjutnya bilas dengan air bersih secara maksimal hingga tidak ada sisa sabun menempel pada komponen tersebut.

6. Bersihkan Bagian Luar

Untuk membersihkan bagian luar akuarium, anda dapat menggunakan cuka dengan cara menggosokkannya langsung pada kaca secara menyeluruh. Selanjutnya bilas dengan air bersih hingga tidak ada cuka yang tersisa pada kaca.

7. Bersihkan Filter dan Kartrij Penyaringan

Anda hanya cukup membersihkan filter dua minggu atau seminggu sekali dengan menggunakan air bersih. Sedangkan untuk kartrij penyaring dapat diganti setiap bulan agar kualitas air selalu terjaga.

8. Isi Akuarium dengan Air Bersih

Setelah semua bagian akuarium bersih, maka anda sudah dapat mengembalikan komponen hiasan ke dalam akuarium, tata rapi pada tempat semula. Kemudian, masukkan air bersih tanpa adanya proses penyaringan. Hindari untuk menggunakan air keran atau air sumur karena mengandung logam yang ditakutkan akan membahayakan kehidupan ikan. Selanjutnya, masukkan kembali ikan-ikan ke dalam akuarium dengan hati-hati.

Baca Juga:

#caramembersihkankerakakuarium

201 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon