top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Menurunkan Kesadahan Air Tambak dengan Zeolit


Kesadahan air merupakan jumlah akumulasi mineral yang terkandung dalam air. Semakin tinggi kadar kesadahan air, maka semakin tinggi pula kandungan mineral dalam air tersebut.

Kesadahan air sangat berhubungan dengan pH air, maka semakin tinggi tingkat kesadahannya, maka air akan menjadi semakin basa. Hal ini tentu bukanlah kondisi yang baik untuk komoditi budidaya perairan seperti ikan dan udang.

Sumber: tambangbatu.com

Pada budidaya udang terutama udang vaname, tingkat kesadahan air yang tinggi sangat tidak dianjurkan, karena akan membuat udang menjadi lambat dalam proses pertumbuhannya.

Seperti yang kita ketahui, udang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada air dengan pH 6 – 9 dengan kata lain, kesadahan airnya juga dalam keadaan optimal dan stabil.

Untuk mengetahui tingkat kesadahan air pada tambak anda, maka anda memerlukan sebuah alat yang disebut Hardness Test Kit. Alat tersebut dikenal cukup akurat dalam mendeteksi kadar kesadahan air yang ada pada tambak maupun kolam.

Jika sudah mengetahui hasilnya, dan ternyata tambak anda memiliki kadar kesadahan yang tinggi. Maka, hal yang harus segera anda lakukan adalah menurunkannya hingga menjadi stabil kembali.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyaring air tambak anda menggunakan zeolit. Cara kerja zeolit disini nantinya akan merangsang pertukaran ion dari mineral air menjadi ion sodium, sehingga kesadahan air dapat melunak. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan.

  • Buatlah wadah penyaringan dari pipa paralon yang dilengkapi dengan saluran air masuk di bagian atas, kemudian saluran air keluar di bagian bawah yang dilengkapi dengan keran mengarah ke tambak.

  • Isi pipa paralon yang telah disiapkan dengan zeolit.

  • Sedot air tambak yang akan disaring dengan menggunakan pompa, kemudian salurkan air yang dikeluarkan pompa ke saluran air masuk pada saringan paralon yang telah disiapkan. Air disalurkan dari tambak melalui pompa tersebut nantinya akan melewati partikel zeolit yang ada, sehingga air akan tersaring dan kesadahan air akan menurun.

  • Pantau kondisi air dengan menggunakan Hardness Test Kit, jika air sudah menunjukkan menurunnya tingkat kesadahan, maka penyaringan sudah bisa dihentikan.

Baca Juga:

1.306 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page