• Redaktur: Audri Rianto

Beberapa Manfaat Pupuk Urea pada Kolam Ikan


Penggunaan pupuk merupakan hal yang lazim pada dunia pertanian, namun masih jarang terlihat di dunia perikanan. Padahal, penggunaan pupuk pada kolam ikan sebelum digunakan sangat baik bagi pertumbuhan ikan itu sendiri.

Pasalnya, pemberian pupuk pada kolam dapat merangsang untuk terbentuknya plankton pada air kolam yang sangat baik untuk menjaga kestabilan lingkungan.

Sumber: 8villages.com

Pupuk urea adalah salah satu pupuk yang paling sering digunakan pada proses budidaya tanaman. Selain berguna bagi tanaman, ternyata pupuk urea juga sangat berguna bagi tumbuh kembang ikan. berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat dari penggunaan pupuk urea pada kolam ikan.

Sebagai Unsur Pembentuk Protein

Pupuk urea diketahui banyak mengandung unsur N. Ternyata, unsur N pada urea ini merupakan unsur perangsang pembentukan protein pada ikan. Untuk itu, keberadaan N pada kolam dinilai penting agar ikan dapat tumbuh secara maksimal.

Menjaga Kualitas Air

Salah satu syarat dari kolam ikan yang baik adalah air kolam harus terbebas dari zat besi dan mangan. Untuk menghindari keduanya, diperlukan peranan dari mikro-alga yang dikenal dapat mereduksi zat besi dan mangan pada air kolam. Penggunaan pupuk urea pada kolam ikan dikenal ampuh dalam merangsang pertumbuhan alga.

Membantu Proses Pembentukan Pakan Alami

Kolam ikan yang sudah dilakukan pemupukan sebelumnya akan menghasilkan banyak plankton. Salah satu fungsi plankton ini adalah menjadi pakan alami yang menyehatkan bagi ikan.

Baca Juga:

#manfaatpemberianureapadakolamlele

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon