top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

4 Produk yang Dapat Cerahkan Warna Ikan dengan Cepat


Ikan hias identik dengan warnanya yang indah, sehingga tak heran jika banyak yang tergoda untuk memeliharanya. Namun, kebanyakan ikan hias yang dipelihara di dalam akuarium terlihat enggan dalam memunculkan warnanya, sehingga warna tubuhnya terlihat tidak begitu cerah.

Hal ini disinyalir karena sel pigmen pada ikan hias tersebut tidak terbentuk secara sempurna akibat dari kurangnya rangsangan alami yang biasa ditemukan pada habitat aslinya.

Pemberian zat perangsang merupakan tindakan yang dapat dilakukan para pemilik ikan hias agar ikan yang dipelihara dapat memiliki warna yang lebih cerah dari sebelumnya. Berikut ini beberapa zat perangsang pigmen warna tubuh ikan yang bisa anda gunakan.

Amazing Red

Amazing red banyak mengandung karotenoid yang berfungsi sebagai perangsang pigmen pada ikan, sehingga warna ikan menjadi lebih cerah. Amazing red merupakan produk yang lebih fokus dalam menimbulkan warna merah pada ikan. Tidak hanya warna kulit ikan hias, warna daging pada ikan salmon juga dapat dibuat lebih cerah dengan produk ini. Dosis penggunaannya adalah 1 sendok makan dalam 3 kg pakan.

Amazing Pink

Sumber: isw.co.id

Sama seperti sebelumnya, amazing pink merupakan produk yang dapat mencerahkan warna ikan, terutama warna pink pada ikan. Penggunaannya juga sama seperti amazing red, yaitu mencampurkannya pada pakan sebelum akhirnya diberikan pada ikan.

Amazing Yellow

Amazing yellow lebih fokus mencerahkan warna kuning pada ikan, sehingga ikan menjadi lebih terlihat bergairah dan indah dipandang. Selain ikan hias, amazing yellow juga dapat diaplikasikan pada ikan air tawar lainnya, seperti ikan mas. Dosis penggunaannya juga sama, yaitu 1 sendok makan untuk 3 kg pakan.

Spirulina

Spirulina termasuk pakan alternatif yang diketahui dapat mencerahkan warna ikan secara keseluruhan. Mencampurkan pakan dengan spirulina menjadi cara tepat dalam meningkatkan kesan segar pada ikan, sehingga daya tarik ikan menjadi lebih meningkat.

Baca Juga:

26.946 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page