• Redaktur: Audri Rianto

Paket Lengkap Pendukung Keberhasilan Proses Pemijahan Ikan


Pemijahan pada ikan konsumsi merupakan proses awal pada sistem budidaya yang bertujuan untuk menciptakan bibit ikan yang unggul. Keberhasilan proses pemijahan dipengaruhi beberapa faktor, seperti keseimbangan lingkungan, kondisi ikan yang sudah matang gonad, serta tidak adanya gangguan dari jamur pada telur ikan.

Untuk itu, sebelum memulai tahap pemijahan, sebaiknya anda memastikan bahwa parameter-parameter pada lingkungan dalam keadaan stabil dan pastikan ikan dalam keadaan siap untuk dikawinkan.

Tapi, menunggu ikan untuk benar-benar dalam keadaan matang gonad secara alami memerlukan waktu yang tidak sebentar. Penyuntikan hormon pada ikan diketahui merupakan cara yang efektif demi merangsang pematangan gonad.

Ovaspec

Sumber: isw.co.id

Ovaspec merupakan hormon eksternal yang dapat merangsang pematangan gonad pada ikan, sehingga ikan menjadi lebih siap untuk dilakukan pemijahan. Pemberian ovaspec dilakukan dengan cara menyuntikkan ovaspec langsung pada ikan. Dalam waktu 8 sampai 10 jam ikan akan mengalami matang gonad secara sempurna, dan sudah siap untuk dilakukan proses pemijahan.

Setelah proses pemijahan selesai, maka kolam akan dipenuhi dengan telur-telur ikan. Selanjutnya adalah melakukan tindakan pencegahan serangan jamur pada telur ikan dengan menggunakan methylene blue.

Methylene Blue

Sumber: isw.co.id

Methylene Blue termasuk ke dalam obat anti jamur yang ampuh dalam mencegah terjadinya penjamuran pada telur ikan, sehingga telur dapat menetas dengan baik. Penggunaannya juga tergolong mudah, yaitu dengan mencampurkannya ke dalam kolam yang berisi telur ikan dengan dosis 2 gram per 35 liter air selama 3 hari.

Baca Juga:

#obatpemijahanikanlele #hormonuntukpemijahanikan

111 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon