• Redaktur: Audri Rianto

5 Alasan Kesehatan Untuk Rutin Mengonsumsi Ikan


Ikan termasuk jenis makanan sehat dengan kadar protein yang tinggi serta lemak jenuh yang rendah. Tidak hanya itu, ikan juga termasuk sumber asam lemak omega 3 serta bitamin dan minel yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan kata lain, mengonsumsi ikan secara rutin merupakan salah satu cara untuk tetap dalam keadaan sehat. Bahkan, ikan merupakan jenis makanan yang paling direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan dunia untuk dikonsumsi secara teratur.

Sumber: parenting.firstcry.com

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan sedikit ulasan mengenai beberapa alasan kesehatan untuk rutin mengonsumsi ikan untuk anda. Beberapa alasan tersebut adalah:

1. Kesehatan Kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang banyak terkandung pada ikan telah terbukti memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan organ kardiovaskular, seperti jantung, arteri dan vena.

Dengan rutin mengonsumsi ikan, maka anda sudah melakukan tindakan pencegahan terhadap munculnya penyakit jantung dan gagal jantung pada diri anda. Para ahli dari Harvard School of Public Health juga mengatakan bahwa dengan mengonsumsi ikan sebanyak dua porsi setiap minggunya sudah bisa mengurangi risiko kematian mendadak akibat gagal jantung sebanyak tiga kali lipat.

2. Mengontrol Berat Badan

Penelitian yang dilakukan di University of Georgia mengungkapkan bahwa minyak ikan membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak, yang artinya adalah minyak ikan dapat mengurangi terjadinya penumpukan lemak secara berlebih di tubuh.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, asam lemak omega 3 juga dapat membantu proses perkembangan otak anda. Asupan omega 3 yang tepat dan berimbang disinyalir dapat membantu meningkatkan fokus mental, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Studi baru juga mengungkapkan bahwa suplemen minyak ikan juga dapat meningkatkan daya ingat orang dewasa, sehingga sangat efektif dalam mencegah terjadinya kepikunan.

4. Menekan Risiko Timbulnya Kanker

Omega 3 juga terbukti memiliki kemampuan dalam membantu mencegah timbulnya 3 jenis kanker yang paling umum terjadi, yaitu kanker payudara, prostat dan kolon.

5. Membuat Kulit Lebih Sehat

Mengonsumsi ikan juga membantu menjaga kulit untuk tetap selalu dalam kondisi baik. Penelitian yang diterbikan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega 3 EPA yang banyak ditemukan pada minyak ikan terbukti ampuh dalam mencegah terjadinya keriput dan penuaan pada kulit. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan rutin mengonsumsi ikan, maka anda akan lebih awet muda.

Baca Juga:

#alasankesehatanrutinmakanikan #manfaatmakanikan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon