top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

5 Jenis Penyakit yang Dapat Mematikan Ikan Koi dengan Cepat


Ikan koi merupakan spesies ikan hias yang memiliki banyak penggemar. Hal ini didasari dari warna tubuh ikan koi yang beragam, dengan corak khasnya sehingga banyak orang terpikat untuk memeliharanya.

Sama seperti ikan lainnya, ikan koi juga harus diberi makan secara teratur dan tempat hidupnya juga harus diperhatikan. sebab, keadaan lingkungan yang kotor ini nantinya dapat menumbuhkan virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan koi.

Terdapat 5 jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi hingga menyebabkan ikan koi mati.

Penyakit Jamur Batang Insang

Sumber: ikankoi.org

Jamur memang kerap menyerang semua jenis ikan, terlebih lagi ikan tersebut dipelihara pada lingkungan yang kotor, dengan suhu yang tidak stabil. Ciri-ciri penyakit ini pada ikan koi adalah munculnya bercak putih di sekitar mulut hingga menyebar ke seluruh tubuh. Jika penanganan tidak segera dilakukan, maka jamur akan merambat ke insang. Selanjutnya, insang akan mengalami pembusukan hingga menyebabkan ikan mati.

Aeromonas

Sumber: ikankoi.org

Penyakit bakteri aeromonas hydrophylia ini sering terlihat menyerang ikan lele, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang ikan hias termasuk koi. Gejala penyakit ini ialah berubahnya warna kulit ikan koi menjadi memerah, perut terlihat buncit, serta adanya bercak merah pada insang.

Jika dibiarkan terlalu lama, penyakit ini akan menyebabkan pembusukan pada area yang terserang, sisik ikan juga akan terlihat mengelupas.

Penyakit Bintik Putih

Sumber: ikankoi.org

Selain menyerang ikan konsumsi dan udang, penyakit ini juga mengincar ikan hias termasuk koi. Penyakit yang disebabkan oleh protozoa ini memiliki gejala berupa munculnya bintik-bintik putih pada tubuh ikan koi. Sekilas memang terlihat seperti jamur, namun kedua penyakit tersebut sangatlah berbeda.

Karena penyakit yang disebabkan oleh jamur akan menyebar ke seluruh tubuh ikan dengan merata, sementara penyakit ini hanya akan menimbulkan bintik-bintik putih. Jika tidak ditangani dengan segera, ikan akan menurun nafsu makannya dan berujung pada kematian.

Penyakit Cacing Kulit

Sumber: ikankoi.org

Parasit yang menyebabkan penyakit ini adalah Gyrodactyius sp, yang berupa cacing kecil. Penyakit ini menyebabkan gatal-gatal di sekujur ikan koi, sehingga memacu ikan koi untuk menggarukkan tubuhnya pada permukaan kolam yang kasar. Akibat gesekan tersebut, tubuh ikan koi akan rentan mengalami luka.

Penyakit Dropsy

Sumber: ikankoi.org

Penyakit ini akan menyebabkan sisik ikan koi mengelupas serta tubuh ikan koi akan membengkak dan membuatnya kesulitan untuk berenang dan bernapas. Penanganan juga harus segera dilakukan, agar ikan tidak mengalami kematian.

Baca Juga:

12.683 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page