• Redaktur: Audri Rianto

5 Fakta Unik Ikan Pari Manta yang Mengagumkan


Laut diketahui sangat banyak minyimpan keindahan, mulai dari kumpulan terumbu karangnya hingga kekayaan satwanya. Salah satu spesies laut yang dikenal cukup indah ialah pari manta. Bergerak seolah seperti burung yang sedang terbang, membuat pari manta terlihat anggun dan menjadi idola di kalangan para diver.

Sumber: liputan6.com

Selain keunikan gaya berenangnya, hewan ini juga memiliki keunggulan lain bila dibandingkan dengan hewan laut lainnya. Berdasarkan data dari Kelompok Kerja (Pokja) Manta, yang ada di Raja Ampat bekerja sama dengan Conservation International (CI) Indonesia, terungkap beberapa fakta lain dari pari manta.

1. Ikan Pintar

Alasan ikan pari manta dikatakan sebagai ikan pintar karena rasio otak dan ukuran tubuh paling besar di antara jenis ikan lain yang ada di laut. Pari manta juga kerap berinteraksi dengan wisatawan, dan dipercaya memiliki kemampuan untuk mengenali manusia dari matanya.

2. Cara Makan

Pari manta makan plankton dengan cara menyaring air laut dengan menggunakan mulut dan insangnya. Cara makan tersebut dinamakan dengan bottom feeding karena menyaring plankton yang ada di dasar laut, sedangkan saat menyaring plankton pada permukaan disebut dengan surface feeding.

Manta menyaring plankton laut dengan membuka mulutnya selebar mungkin, kemudian berenang menyusuri laut yang banyak mengandung plankton.

Jika jumlah plankton di laut melimpah, maka sekelompok manta akan terlihat membentuk formasi berbaris. Hal ini disebut dengan feeding chain, yang bertujuan untuk menyaring plankton lebih maksimal.

3. Usia

Pari manta diketahui dapat hidup hingga 40 sampai 50 tahun. Semakin ia dewasa, maka daya jelajahnya juga semakin jauh, bahkan dapat mencakup hampir seluruh perairan di Indonesia.

4. Atraksi Unik

Selain membentuk formasi saat makan, pari manta juga kerap kali beratraksi dengan melakukan gerakan-gerakan unik yang jarang bisa dilakukan oleh ikan laut lainnya. Mulai dari mengitari wisatawan, salto, gerakan memutar dan lainnya.

Jika pari manta tertarik dengan suatu hal atau keadaan baru, maka pari manta akan mencoba untuk memutarinya. Namun, jika anda panik dan membuat gerakan secara tiba-tiba, maka ia akan kabur.

5. Jenis Manta

Ada dua jenis pari manta berdasarkan asalnya, pertama adalah Oceanic Manta yang memiliki lebar tubuh mencapai 8 meter. Inilah jenis pari manta terbesar yang membuat laut tiba-tiba gelap saat manta jenis ini muncul di atas kita.

Kedua adalah Reef Manta, yang memiliki ukuran lebar hingga 4,5 meter atau setengah ukuran dari Oceanic Manta.

Baca Juga:

#faktaunikparimanta #parimantarajaampat

146 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon