top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

3 Jenis Udang Paling Menguntungkan Untuk Dibudidaya


Salah satu syarat sebelum memulai usaha tambak udang adalah menentukan jenis udang apa yang akan dibudidayakan. Pastikan udang yang akan dibudidaya memiliki prospek pasar yang bagus serta tidak sulit untuk dibudidayakan.

Ada 3 jenis udang yang dikenal memiliki pangsa pasar luas serta memiliki nilai jual yang cukup bagus dan menjanjikan. Ketiga udang tersebut adalah udang galah, udang windu dan udang vaname.

1. Udang Galah

Sumber: trobos.com

Udang galah merupakan udang dengan ukuran paling besar dibandingkan dengan udang lainnya. Bahkan, udang galah disebut sebagai udang terbesar di dunia dengan ukuran tubuh mencapai 30 cm.

Selain tubuhnya yang besar, udang galah juga memiliki ciri khusus, yaitu memiliki gigi yang menyerupai gergaji dengan jumlah 11 untuk bagian bawah dan 12 untuk bagian atas. Kepalanya juga berbentuk kerucut dan memiliki ujung restrum yang melebar.

Udang galah memiliki sifat kanibalisme, hal ini yang membuat udang galah sedikit lebih sulit untuk dipelihara dibandingkan dengan udang lainnya. Akibat sifatnya ini juga udang menjadi udang yang tidak terlalu populer untuk dibudidayakan. Hal ini juga membuat harga udang galah cukup tinggi di pasaran.

2. Udang Windu

Sumber: trobos.com

Udang windu merupakan jenis udang laut yang juga banyak dibudidayakan. Ciri khas dari udang satu ini adalah memiliki kulit yang cukup keras namun bisa dikonsumsi. Selain udang galah, udang ini juga memiliki ukuran yang cukup besar, dan biasanya ukuran betina lebih besar dari jantannya.

Kekurangan dari udang windu adalah mudah terserang penyakit, terutama penyakit bintik putih. Belum lagi semakin hari penyedia bibit udang windu semakin menurun, sehingga mengakibatkan semakin sulit untuk menemukan bibit udang windu untuk dibudidayakan. Akibat kelangkaannya ini, membuat harga jual udang windu melonjak.

3. Udang Vaname

Sumber: trobos.com

Udang vaname merupakan udang paling populer di Indonesia, karena hampir semua petambak di Indonesia pasti membudidayakan udang vaname. Walaupun ukuran tubuhnya relatif kecil bila dibandingkan dengan udang tambak lainnya, namun rasa yang ditawarkan udang vaname tidak kalah enak dibandingkan udang lainnya. Permintaannya di pasaran juga relatif stabil, sehingga tidak salah untuk memilih udang vaname sebagai komoditi budi daya.

Baca Juga:

3.234 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page